Breaking News

6/recent/ticker-posts

BENCANA HIDROMETEOROLOGI BASAH TERJANG ENAM DESA DI JAWA TIMUR

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Jawa Timur — Bencana hidrometeorologi basah yakni banjir dan tanah longsor menerjang enam desa di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur pada Jumat (7/10), pasca hujan deras pukul 04.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek turut melaporkan sebanyak 210 rumah terdampak banjir dengan tinggi muka air mencapai 50 CM serta longsoran tanah yang menyebabkan kerusakan beberapa rumah warga.

Adapun kondisi saat ini hujan masih mengguyur wilayah terdampak, dan warga tetap bertahan di tempat tinggal masing-masing. BPBD Kabupaten Trenggalek terus melakukan pendataan lebih lanjut dan melakukan pengawasan di lokasi kejadian.

BNPB mengimbau masyarakat dan perangkat daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang khususnya saat dan setelah hujan lebat dalam kurun waktu lebih dari satu jam.

Pemerintah daerah setempat agar melakukan pengawasan pada pemukiman warga yang dekat dengan lereng bukit atau tebing serta memberikan informasi secara berkala khususnya rekomendasi evakuasi jika hujan telah berlangsung lama.

Jika terjadi peningkatan tinggi muka air di sekitar pemukiman warga, masyarakat dapat lebih dahulu mematikan aliran listrik dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

#sumber info bencana BNPB

(Relawan OJOL)

Posting Komentar

0 Komentar