Breaking News

6/recent/ticker-posts

Banjir Melanda Kabupaten Sanggau, Ini Himbauan Dari BNPB

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Kalimantan Barat — 
Banjir yang melanda Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, pada Jum'at (07/10/2022) hingga kini Minggu (09/10/2022) masih menggenang. Hal tersebut sebagaimana hasil kaji cepat yang berhasil dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB.

Peristiwa ini terjadi setelah hujan deras dan meluapnya sungai kapuas hingga masuk ke pemukiman warga. Sebanyak 50 rumah warga di Kecamatan Kapuas terendam banjir hingga 100 CM. Selain itu, 1 unit sekolah dan 1 unit puskesmas juga ikut terdampak.

BPBD Kabupaten Sanggau telah tiba dilokasi sesaat setelah kejadian. Upaya asesmen dan penanganan telah dilakukan dengan menyalurkan bantuan logistik bagi pemenuhan kebutuhan dasar warga terdampak.

BNPB menghimbau masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai diharapkan bisa melakukan evakuasi mandiri jika terjadi hujan lebat secara terus menerus lebih dari satu jam. Untuk jangka panjang, masyarakat bersama pemerintah daerah agar mengevaluasi kondisi lingkungan di kawasan hulu dan sepanjang daerah aliran sungai. Penanaman kembali kawasan hulu dengan vegetasi yang bernilai ekologi dan ekonomi akan mampu mengurangi potensi banjir di masa depan. 

#sumber info bencana BNPB

(Relawan OJOL)


Posting Komentar

0 Komentar