Breaking News

6/recent/ticker-posts

PANWASLU BANDAR MASILAM MELAKUKAN SOSIALISASI NETRALITAS GURU ASN DI WILAYAH KERJANYA

Panwaslu Kecamatan Bandar Masilam saat melakukan sosialisasi netralitas Guru ASN di Kantor Korwil Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Bandar Masilam. Senin (11/12/2023). 

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun, Bandar Masilam — Dalam rangka melaksanakan fungsi pencegahan dalam pengawasan tahapan pemilu, Panwaslu Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun, melakukan sosialisasi netralitas ASN bagi para ASN di wilayah Kecamatan Bandar Masilam. 

Kegiatan yang dilakukan di Kantor Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Bandar Masilam dihadiri para ASN guru Kepala Sekolah Dasar se-Kecamatan Bandar Masilam, Senin (11/12/2023) sekira pukul 11:15 WIB. 

Muhammad Nasrin Syahputra, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, menegaskan pentingnya netralitas para guru yang memiliki status ASN selama berlangsungnya proses pemilu. “Larangan bagi ASN untuk tidak terlibat dalam politik praktis telah diatur secara tegas dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil, UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dan Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” tegasnya.

Dia juga mengatakan berbagai perilaku yang dilarang bagi ASN dalam konteks netralitas dijelaskan dalam undang-undang, termasuk larangan terlibat dalam kampanye atau sosialisasi di media sosial seperti melakukan posting yang bernuasa politik, share, komentar dan like hadir pada deklarasi calon, menjadi panitia atau pelaksana kampanye, ikut kampanye dengan menggunakan atribut ASN, ikut kampanye dengan menggunakan fasilitas negara serta mengadakan kegiatan yang berpihak pada paslon tertentu. 

Ia berharap sosialisasi ini akan membangun kesadaran tinggi dikalangan ASN untuk tetap netral selama periode politik. 

“Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendorong netralitas ASN demi terciptanya pemilu yang adil dan demokratis,”ungkap Muhammad Nasrin Syahputra. 

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Muhammad Syarif Nasution menambahkan, Sosialisasi ini menjadi bagian dari langkah proaktif Panwaslu Kecamatan Bandar Masilam dalam menjaga keadilan dan transparansi dalam proses pemilu, serta meneguhkan komitmen untuk mewujudkan pemilu yang bebas dari intervensi dan kepentingan politik tertentu.

Masih di tempat yang sama, Rahman Purba, S.Pd selaku Koordinator Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Bandar Masilam mengucapkan Terima kasih atas kehadiran Panwaslu Kecamatan Bandar Masilam yang melakukan sosialisasi ini, saya mengharapkan seluruh ASN guru sekolah dasar yang ada di Kecamatan Bandar Masilam ini paham regulasi pemilu sehingga bisa lebih berhati-hati dalam bertindak sehingga tidak merugikan diri sendiri,” ujar Rahman Purba.

Pantauan awak media di lokasi, Para peserta sangat antusias dalam sosialisasi ini. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh beberapa peserta berkaitan dengan materi sosialisasi ini.

Sebelumnya di hari yang sama, Panwaslu Kecamatan Bandar Masilam melakukan sosialisasi yang sama di SMK Negeri 1 Bandar Masilam yang diikuti seluruh guru ASN dan tenaga pendidik sekolah tersebut.(FN) 

Posting Komentar

0 Komentar