Breaking News

6/recent/ticker-posts

Serahkan Hewan Kurban, Kasdam XII/Tpr Harap Prajurit Dapat Aktualisasikan Semangat Rela Berkorban

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Kubu Raya, Kalimantan Barat — Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Yufti Senjaya, S.E., M.Si., menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Kabintaljarahdam XII/Tpr, Kolonel Inf Sahat Bestian Manaor Gultom, S.Sos., selaku Ketua Panitia Perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Penyerahan dilaksanakan usai pelaksanaan sholat Idul Adha di Makodam XII/Tpr, Kamis (29/6/2023).

Kasdam XII/Tpr pagi tersebut menyerahkan secara simbolis sebanyak 17 hewan kurban yang terdiri dari 10 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari Panglima TNI dan Pangdam XII/Tpr serta para Sohibul kurban yang mempercayakan hewan kurbannya untuk disembelih dan disalurkan oleh Kodam XII/Tpr.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Yufti Senjaya membacakan sambutan Pangdam XII/Tpr mengatakan, ada empat makna yang terkandung dalam Idul Adha kali ini. Yaitu pertama, sebagai umat Islam kita dapat mengikuti keimanan nabi Ibrahim yang begitu patuh dan taat kepada perintah Allah SWT. 

Kedua, jadilah insan seperti sosok seperti nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tua. Ketiga, dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menyembelih hewan kurban hendaknya melaksanakan tanpa ragu-ragu tulus dan ikhlas. 

"Kemudian, keempat memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir miskin untuk menghilangkan jurang pemisah antara kaya dan miskin," kata Kasdam XII/Tpr.

Untuk itu, Kasdam berharap, makna kurban ini dapat diaktualisasikan oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr dalam pelaksanaan tugas sehari-hari melalui semangat rela berkorban demi satuan, rakyat, negara dan bangsa. Serta menumbuhkan kepedulian sosial antar sesama.

"Hal ini selaras dengan tema hari ini yaitu "Idul Adha 1444 H/2023 Masehi sarana peningkatan ketaqwaan dan kepedulian," kata Brigjen TNI Yufti Senjaya. 

Untuk diketahui, sebelumnya pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H dilaksanakan di Masjid Nurul Ikhlas Makodam XII/Tpr yang dipimpin oleh Habib Sidiq. Sholat diikuti oleh ratusan jama'ah dari keluarga besar Kodam XII/Tpr dan masyarakat sekitar. (Pendam XII/Tpr)

Posting Komentar

0 Komentar