Breaking News

6/recent/ticker-posts

Laporan Pertanggung Jawaban Bupati Batu Bara Tahun Anggaran 2022, "Kinerja 1 Tahun Menunjukkan Nilai Yang Positif"

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Batu Bara — DPRD Kabupaten Batu Bara mengadakan Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Batu Bara Tahun Anggaran 2022, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Batu Bara, Senin (04/04/2023).

Dalam kesempatan ini masing-masing Fraksi menyampaikan Pandangan Umumnya. 

Fraksi PDI Perjuangan Bapak Amirtan, Dalam Pandangan menyatakan, Sangat apresiasi tarhadap kenerja Pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam pencapaian indikator kinerja salama 1 Satu Tahun Anggaran 2022, yang menunjukan nilai positif dimana pada tahun Anggaran 2022, terdapat banyak keberhasilan yang telah dicapai dan telah sirasakan manfaatnya oleh masyarakat Batu Bara.

Walaupun masih terdapat kelemahaan dan kekurangan dalam tugas-tugas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Fraksi PDI Perjuangan berharap kiranya pencapaian ini dapat terus ditingkatkan oleh seluruh jajaran Pemkab Batu Bara dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh yarkait evaluasi secara menyeluruh terkait aspek APBD pada periode yang akan datang sehingga dapat menciptakan pemerintahan yang bersi bertanggung jawab dan mampu menjawab tuntutan perubahab secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Fraksi Golkar Ibu Rizky Aryetta Sst. Msi, dalam pandangan umumnya, salah satu ruang lingkup LKPJ adalah hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan sebagaimana dimaksud, meliputi A. Capain pelaksanaan program dan kegiatan serta permasalahan dan upaya penyelesaian setiap urusan pemerintahan B. Kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah dan pelaksanaannya dan C. Tindak lanjut rekomendasi dewan perwakilan rakyat daerah tahun anggaran sebelumnya.

Fraksi Partai Golkar juga akan memberikan pandangan umum terhadap capaian pelaksanaan kegiatan program yang secara garis besar berkaitan dengan realisasi pendapatan daerah, belenja daerah pembiayaan dan kewajiban daerah yang tercantum dalam neraca keuangan.

Fraksi Gerindra yang dibacakan oleh Bapak Andriyansyah, Dalam Pandangan Umumnya, Tahun 2022, adalah Tahun ke empat dari periodesasi Bupati Kabupaten Batu Bara. Tentunya pada Tahun Anggaran 2022, asumsi masyarakat bahwa pencapaian program dan agenda pembangunan pada periode 2018-2023.

Sudah bisa menggambarkan keberhasilan pembangunan daerah. Oleh karena itu diperlukan suatu bentuk evaluasi dari setiap tahapan-tahapan pembangunan, dalam kesempatan yang baik ini Fraksi Gerindra menyampaikan beberapa tanggapan terhadap kinerja pemerintah daerah beserta seluruh jajarannga dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Batu Bara.

Fraksi Gerindra juga ingin menyampaikan beberapa catatan penting pada kesempatan sidang paripurna ini. Tetapi perlu difahami oleh semua pihak, khususnya Bupati dan Waki Bupati bahwa beberapa catatan yang akan kami sampaikan adalah wujud semangat kebersamaan kita dalam mewujudkan cita-cita pembangunan Kabupaten Batu Bara.

Fraksi PAN yang dibacakan oleh Ibu Chairul Bariah, SE, Dalam pandangan umumnya, berharap terhadap organisasi perangkat daerah(OPD) untuk terus lebih aktif bergerak menggali sumber potensi PAP Kabupaten Batu Bara serta secara nyata mampu membangun komunikasi dan koordinasi yang baik didalam internal OPD, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan pembangunan daerah, baik dari sisi pembangunan sumber daya manusia infrastruktur dan pembangunan di berbagai bidang lainnya.

Fraksi Demokrat yang dibacakan oleh Bapak Syahril Siahaan, SH, dalam pandangan Umumnya, berkenaan laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Tahun anggaran 2022 yang disampaikan kami Fraksi Demokrat juga menyoroti ekuitas dalam neraca yang disampaikan. Dimana ekuitas dana Kabupaten Batu Bara masih di dominasi oleh Aset dan investasi jangka panjang, sehingga Kabupaten Batu Bara memiliki ketahanan anggaran pembiayaan tidak serta merta harus bergantung pada anggaran belanja.

Untuk itu kami mendorong pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk dapat merencanakam peningkatan investasi jangka panjang serta peningkatan nilai Aset lancar, jika memang diperlukan payung hukumnya maka lembaga legislatif ini akan mendukung terbentuknya peraturan yang bertujuan untuk kemajuan Kabupaten Batu Bara.

Fraksi PKS dibacakan oleh Bapak Citra Muliadi Bangun, SE, dalam pandangan Umumnya, terkait pendidikan di Kabupaten Batu Bara terutama tentang tenaga pendidikan dan kepwndidikan masih terjadi perlakuan yang berbeda semisal tentang tunjangan lauk pauk yang hanya diberikan kepada tenaga pendidikan Guru. Padahal tenaga kependidilan Operator keberadaannya juga tidak kalah pentingnya dengan tenaga pendidik Guru, untuk itu, Fraksi PKS meminta agar pemerintah Kabupaten Batu Bara turut menganggarkan tunjangan lauk pauk bagi tenaga kependidikan Operator pada Tahun Anggaran 2023.

Fraksi Nasdem Yang dibacakan oleh Ibu Dra. Tiurlan Napitupulu dalam pandangan umumnya, dalam realisasi pembangunan daerah Kabupaten Batu Bara, Fraksi Nasdem dapat memahami bahwasanya secara rata-rata capaian kinerja pembangunan tersebut telah berhasil dicapai meskipun demikian terhadap beberapa indikator perlu mendapatkan perhatian serta klaeifikasi atas capaian kinerja yang di maksud.

Hal penting yang telah dikaji oleh Fraksi Nasdem yaitu terhadap materi dalam nota LKPJ Tahun 2022, terkait eksekusi bersama anggaran yang di rencanakan dengan realisasi kegiatan yang di capai dalam proses pencapaian tujuan itulah sistem dan koordinasi dan kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif yang terjadi selama ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Selain itu diharapkan kepada seluruh organisasi perangkat derah Kabupaten Batu Bara, mampu mensinkronkan kegiatan-kegiatan dengan baik yang berkaitan dengan program kepada daerah sehingga dapat terealisasi dengan baik.

Fraksi PPP yang dibacakan oleh Bapak Ahmad Badri, SH, dalam pandangan Umumnya, AAT ini otonam terus berkembang banyak inovasi yang seharusnya dapat kita lakukan.

Oleh sebab itu, dalam menjalankan otonomi daerah dibutuhkan kepala daerah yang memiliki strong leadership berintegritas termasuk bersih dari KKN. Inovatif dan kreatif berfikir OUT OF THE BOX dab bekerja bengan tulus untuk rakyat dan kemajuan daerah.

Bapak Edi Syahputra. SE, Fraksi PBB dalam pandangan umumnya mengatakan, jika kita ambil rata-rata nilai akip Pemkan Batu Bara adalah antara B sampai dengan BB yang didominasi dengan nilai B. Hal ini menunjukkan bahwa capaian kinerja dan pertanggungjawaban Pemkab Batu Bara berada pada kisara nilai 73 dengan kategori sangat baik, Fraksi PBB berharap kiranya nilai akip ini dapat terus ditingkatkan

selanjutnya, Yakni untuk laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Batu Bara Tahun Anggaran 2022 agar dibahas oleh pansua LKPJ, kemudian penyampaian LKPJ kepala daerah Tahun 2022, itu menjelaskan penyampaian laporan tersebut merupakan amanat dari peraturan Per Undang-Undang, paling lambat tiga bulan setelah Tahun anggaran berakhir laporan nya harua telah disampaikan ke DPRD.

Turut Hadir, Ketua DPRD Kabupaten Batu Bara, Bupati Kabupaten Batu Bara yang diwakilkan oleh Asisten 1, Sekretaris DPRD Kabupaten Batu Bara, Dan Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Batu Bara. (HP)

Posting Komentar

0 Komentar