Breaking News

6/recent/ticker-posts

Contoh Manik Maraja Dusun Lima Moment Lebaran 1444 H Tahun 2023



TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sidamanik —  Moment lebaran idul Fitri 1444 H/2023 selain menjadi hari yang Fitri hari kemenangan bagi umat muslim didunia setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan,juga merupakan ajang silaturahmi dan saling maaf memaafkan, hal yang unik juga dengan istilah mudik kekampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara.

Tak jarang juga momen lebaran idul Fitri ini dijadikan sebagai liburan ketempat tempat wisata untuk memanjakan diri baik itu dengan sanak saudara yang pulang dari perantauan, pasangan muda mudi dan lainnya.

Namun moment idul Fitri ini juga dihiasi dengan mempererat silaturahmi dengan sesama seperti halnya yang dilakukan masyarakat Dusun 5 Nagori Manik Maraja kecamatan Sidamanik kabupaten Simalungun,yaitu dengan melakukan kegiatan yang sangat bermanfaat mengadakan Gebyar Ramadhan kegiatan Perlombaan perlombaan untuk tingkat anak anak sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Dewasa. Senin (24/04/23).

Perlombaan yang dapat memupuk rasa dan nilai keagamaan seperti perlombaan Adzan dan Tahfiz Qur'an ayat hingga perlombaan hiburan rakyat lainnya seperti panjat pinang,lomba makan kerupuk, lomba lari goni,tarik tambang , bahkan uniknya perlombaan buat kaum ibu ibu juga turut memeriahkan kegiatan tersebut hingga masih banyak lagi perlombaan perlombaan lainnya yang sangat merakyat.

Kegiatan yang didominasi dan diprakarsai oleh pemuda pemudi atau remaja-remaji masjid dusun 5 Nagori manik maraja ini sangat diapresiasi oleh masyarakat.sebab konsisten dan merupakan agenda tahunan buat warga itu sendiri dan lebih mempererat persatuan dan kesatuan serta silaturahmi antar warga.

Kegembiraan terpancar dengan tawa dan kebanggan peserta perlombaan hingga warga sekitar. Seakan benar benar merupakan moment yang sangat dinanti nanti setiap tahunnya.

Seperti yang diungkapkan Edy Satria yang merupakan tokoh pemuda di Nagori Manik Maraja dan juga sekaligus ketua panitia kegiatan saat di wawancarai mengatakan sangat bersyukur dan juga berterima kasih kepada seluruh unsur dan element masyarakat yang telah mensukseskan kegiatan ini " Alhamdulillah Bang kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses seperti tahun tahun sebelumnya,karena ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya dilaksanakan,agar budaya dan tradisi seperti ini tetap terjaga selalu hingga generasi selanjutnya." Jelasnya.

Masih Edy bahwa kegiatan ini tak terlepas dari kerja keras seluruh remaja dan remaji di dusun 5 manik maraja ini serta seluruh masyarakat karena sumbangsih masyarakat, STM masjid,serta dari donatur para perantau juga merupakan bahagian dari sumber anggaran untuk kegiatan ini bang" tambahnya kembali.

Kegiatan ini juga untuk memperat tali silaturahmi, dengan harapan agar kedepannya tidak ada perpecahan antar sesama warga bang, tetap guyub,kompak bersatu, karena dusun 5 Manik Maraja ini terkenal dengan guyub dan kompaknya bang apa lagi kalau sudah gotong royong pasti kompak, dan harapan kami agar generasi muda bahkan anak-anak lebih mengenal religi dengan perlombaan perlombaan keagamaan bang, intinya harapan kami tetap kompak, bersatu jangan terpecah belah serta silaturahmi tetap terjaga bang serta melestarikan budaya terdahulu seperti perlombaan dan permainan permainan yang nasionalis lah bang. Apalagi jaman gadget saat ini kan banyak yang terlupakan tradisi dan budaya pemersatu lewat permainan dan perlombaan tradisional." Ucapnya mengakhiri.

Diakhir kegiatan malam harinya pembagian hadiah dan penyerahan trophy kepada para pemenang yang dihadiri seluruh warga. (Pran)

Posting Komentar

0 Komentar