Breaking News

6/recent/ticker-posts

Warga Hindu Laksanakan Upacara Tolak Bala Di Pantai Napa, Berlangsung Aman

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Upacara Nulak Merana atau tolak bala bagi warga umat Hindu merupakan tradisi turun temurun yang kerap dilaksanak setiap tahun tepatnya pada awal musim tanam. Kegiatan tersebut di laksanakan di pantai Napa Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Rabu ( 23/11/2022 ) sekitar pukul 7.30 Wita. 

Untuk memberikan rasa aman terhadap kegiatan tersebut anggota BKTM Polsek Manggelewa dan Bhabinsa turut mengamankan jalanya upacara itu sejak awal hingga acara selesai.

Kapolsek Mangge Lewa Iptu Ramli SH ketika di konfermasi awak media menyatakan, acara NULAK MERANA atau tolak bala Umat Hindu se kecamatan Manggelewa ini dimaksud, dalam rangka memohon kehadapan tuhan yang maha esa agar di berikan keselamatan umat manusia dari segala bencana dan memohon agar tanaman pertanian warga tidak terserang wabah penyakit hama. ujarnya.

Upacara tolak bakal versi umat hindu ini di hadiri oleh Kapolsek Mangge Lewa, Camat Mangge Lewa,Kepala Desa Naga tumpu dan jajaran,Tokoh - Tokoh agama Hindu sekecematan Manggelewa, Babinsa, BKTM Desa Naga tumpu, kepala Parisada Hindu Darma Kecamatan Manggelewa serta umat Hindu sekitar 70 orang.

Kegiatan yang bernuansa adat dan tradisi tersebut memiliki makna tersendiri bagi warga umat Hindu yang ada di kecamatan Mangge Lewa khususnya, yang rutin dilaksanakan setiap tahun pas ketika awal musim tanam, ungkap Kapolsek.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan tradisi turun temurun yang lakukan warga umat Hindu se Kecamatan Manggelewa,dengan tujuan memohon kepada Tuhan yang maha Esa 

Untuk keselamatan Umat manusia dari segala bencana dan memohon agar Tanaman pertanian warga tidak di serang wabah penyakit hama, paparnya.

Guna mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan anggota Polsek manggelewa bersama Babinsa Desa setempat bersinergi untuk memonitoring dan deteksi dini setiap perkembangan situasi di wilayah hukum Polsek Manggelewa agar tercipta kambtibmas yang aman dan kondusif.

*Prosesi upacara tolak bala warga Hindu se kecamatan Mangge Lewa tersebut dapat berlangsung dengan hikmad, aman dan terkendali sebagaimana yang di harapkan".ditambahkan Kapolsek manggelewa, hal ini menunjukan bahwa toleransi dan kerukunan masyarakat antar beragama di Kecamatan Manggelewa khususnya tercipta dengan rukun dan baik. pungkas Kapolsek. (Rdw/Dodo)

Posting Komentar

0 Komentar