Breaking News

6/recent/ticker-posts

Cegah Abrasi Pantai, Babinsa Kodim 1202-03/Sui Raya,Tanam Bibit Mangrouve

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Bengkayang, Kalbar — Babinsa Koramil 1202-03/Sungai Raya, Sertu Sugiyanto,bersama warganya turun ke bibir pantai menanam bibit Mangrouve di Teluk Suak, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Jum'at (25/11/2022). 

Guna membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai kedepannya.Babinsa Koramil 1202-03/Karimunting Sertu Sugiyanto bersama masyarakat melaksanakan penanaman mangrove 1600 pohon mangrove siap tanam. 

Dalam kesempatan Babinsa mengatakan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan kelompok pencinta alam sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. “Pohon mangrove berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan biota laut. Ungkap Babinsa.

Masih kata Sertu Sugiyanto yang merupakan anggota Kodim 1202/Skw, jangan anggap remeh tanaman bakau (Mangrove) yang berdiri di tepian pantai dengan keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar. “Hutan mangrove dapat membawa keanekaragaman hayati dan menjadi sumber penghidupan bagi berbagai macam jenis binatang laut, seperti, ikan dan kepiting dan lainnya.

Dalam waktu terpisah Pjs. Danramil 1202/Sui Raya Serma Mario mengatakan keberadaan Koramil 1202-03/Sui Raya khususnya Babinsa selain membantu dan hadir mendampingi kegiatan masyarakat di wilayah binaannya, Babinsa juga peduli dengan pelestarian lingkungan alam salah satunya melalui kegiatan penanaman pohon mangrove ini. Penanaman bibit mangrove dalam rangka pengelolaan dan rehabilitasi ekosistem pesisir dan laut ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah pantai karena dapat mencegah abrasi pantai serta menjaga ekosistem laut."Tutupnya".

(Pendim 1202/Skw).

Posting Komentar

0 Komentar