Breaking News

6/recent/ticker-posts

Fokus Baca Tulis Untuk Mengatasi Buta Aksara


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Babinsa Koramil 1802-03/Salawati. Sertu Yohan Surat melaksanakan belajar menulis dan membaca kepada 10 orang anak anak Kampung Yeflio Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong. Rabu, (03/08/2022).

Seminggu dua kali, anak anak belajar membaca dan menulis,Dari mulai menulis nama, mengeja kata, hingga membuat kalimat sederhana. Lalu, membaca teks Pancasila, dan lagu Indonesia Raya. Selalu ada “pekerjaan rumah” tiap kali belajar. Agar tangan mereka lebih terbiasa dalam menulis huruf demi huruf, kata demi kata di rumah.

Sambil berjuang untuk mempertahankan semangat dan kemauan belajar anak anak Babinsa selalu ada “hadiah” berupa permen untuk dibagikan seusai waktu belajar. Untuk memotivasi agar tetap rajin datang belajar.

Babinsa menjelaskan sasaran dari pendidikan keaksaraan ini adalah mereka yang tentunya tidak bisa baca, tulis, dan hitung seperti mereka yang tidak lulus sekolah dasar serta yang merupakan masyarakat dengan perekonomian lemah.

Pendidikan keaksaraan adalah salah satu program TNI AD untuk mengurangi buta aksara di Indonesia kususnya diwilayah . Bukan tanpa alasan, keberadaan orang dewasa maupunanak anak anak yang tidak bisa baca tulis menjadi bumerang tersendiri, tidak cuma bagi kemajuan negeri ini terlebih buat warga Kampung Yeflio Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong, tetapi utamanya bagi diri mereka sendiri," Ujar Babinsa".

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar