Breaking News

6/recent/ticker-posts

Pangkoarmada III : Kerahkan Seluruh Kekuatan untuk Latihan Glagaspur Tingkat – III / L3 Koarmada III


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Tambrauw Papua Barat — Pasukan Pendarat (Pasrat) dari Pasmar 3 Sorong melaksanakan pendaratan di Pantai Warmenum Sausapor Papua Barat, dimana latihan tersebut digelar dalam rangkaian Latihan Geladi Tugas Tempur/ Glagaspur Tingkat – III / L3 Koarmada III TA. 2022, yang mana Koarmada III mengerahkan seluruh kekuatannya untuk mengikuti pelaksanaan latihan tersebut. Kamis (28/07/22).

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla yang juga sebagai Pimpinan Umum Latihan /Pimumlat, mengatakan bahwa, latihan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pemantapan penguasaan doktrin, taktik, teknis, dan prosedur secara tepat.

Selain itu latihan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, serta penyelarasan doktrin, operasi, Latihan dan sistem latihan yang fleksibel dan adaptiv terhadap dinamika situasi terkini, pungkas. Pangkoarmada III.

Lebih jauh Pangkoarmada III, menyampaikan bahwa dalam latihan tersebut personel yang terlibat adalah 641 prajurit dari unsur gelar Koarmada III yang terdiri dari, KRI Teluk Lada – 521, KRI Teluk Weda – 526, KRI Teluk Wondama – 527, KRI Madidihang – 855, KRI Albakora – 856, KRI Gulamah – 869, KRI Posepa – 870, Heli HU 4207, Satkopaska dan Dislambair Koarmada III serta Pasmar 3 Sorong.

Sementara itu pelaksanaan Latihan Glagaspur Tingkat – III / L3 Koarmada III TA. 2022, dimulai sejak tanggal 18 s/d 31 Juli 2022, dengan daerah latihan meliputi Pangkalan Koarmada III, Perairan Sorong, Selat Sele, Perairan Pantai Utara Papua, dan sebagai puncak dari tahapan latihan tersebut adalah pendaratan Marinir di Pantai Warmenum Sausapor Papua Barat.

Sebelum pelaksanaan latihan pendararatan Marinir, unsur Koarmada III yang terdiri dari 7 (Tujuh) KRI, melaksanakan serial latihan diantaranya, yaitu Mine Field Transit, Screenex, Flag E,m Flaghoist, Latum, Prep Rasap, Rasap/ Photoex, Flag E, AAROFEX, Flashex, AAW Raid Reporting, Tactical Manuver.

Pada bagian lain Pangkoarmada III, menerangkan, lokasi tempat latihan pendaratan Marinir tersebut, yaitu di Pantai Warmenum Sausapor Papua Barat, pada saat Perang Dunia Kedua tepatnya pada tahun 1944, pantai tersebut merupakan salah satu tempat pendaratan amfibi dari pasukan sekutu yang dipimpin Jenderal Douglas MacArthur.

(Tim/Red/Dispen Koarmada III)

Posting Komentar

0 Komentar