Breaking News

6/recent/ticker-posts

BHABINKAMTIBMAS POLRES SIMALUNGUN LAKSANAKAN MONITORING DAN EDUKASI PENYAKIT MULUT DAN KUKU KEPADA PARA PETERNAK DI DESA BINAANNYA


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun — Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Afrianto, S.H, S.I.K, M.H melalui Kasat Binmas AKP Henky Siahaan, SH menyampaikan bahwa dengan adanya akhir akhir ini wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak berkuku bela seperti Sapi atau Lembu para Bhabinkamtibmas sejajaran Polres Simalungun turun ke peternak di desa Binaannya untuk memonitoring dan edukasi tentang Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi atau Lembu, Rabu (25/05/2022).

Kasat Binmas AKP Hengky Siahaan, SH menjelaskan bahwa para Bhabinkamtibmas sudah bekerja dan turun langsung membantu para penernak untuk meminilisir akibat yang ditimbulkan dengan adanya Wabah Penyakit Kuku dan Mulut pada Sapi dengan cara memonitoring dan edukasi pencegahan penyakit ini kepada peternak.

Para Bhabinkamtibmas polres Simalungun bekerja sama dengan perangkat nagori atau desa dan penyuluh dari dinas peternakan Kabupaten Simalungun, seperti hari ini di Huta 3 Nagori Bah Sulung Kec. Tapian Dolok Kab. Simalungun Bhabin kamtibmas Aiptu JP Napitu pulu bersama Gamot Huta 3 Bapak Darmawanto mendatangi mendatangi peternak Bapak Mike Kurniawan.

Setelah dilakukan pengecekan 5 (lima) ekor Lembu milik bapak Mike 3 (tiga) ekor Jantan serta 2 (dua) ekor betina dalam keadaan sehat didalam kandang (tidak diangon) selanjutnya diberi edukasi bahwa Penyakit mulut dan kuku (PMK) juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) Jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae merupakan penyakit menular namun jangan panik selanjutnya bhabinkamtibmas menyampaikan agar selalu berkoordinasi dengan dinas Peternakan untuk menjaga kesehatan ternak agar selalu terkontrol dan apabila menemukan gejala PMK pada ternaknya agar langsung koordinasi dengan dinas peternakan untuk segera dilakukan penanggulangannya, jelas Hengky.

Sejak adanya wabah penyakit Kuku dan Mulut pada hewan ternak para bhabinkamtibmas Polres Simalungun langsung melakukan monitoring dan edukasi tentang penyakit Kuku dan Mulut para para peternak sehingga tidak terjadi kepanikan dan bisa memberikan bantuan pendampingan hingga para peternak dapat bimbingan dari para penyuluh peternakan dalam pencegahan maupun pengobatan serta memutus mata rantai penyebaran PMK ini, tutup Hengky.

#humas_polres_simalungun

Posting Komentar

0 Komentar