Breaking News

6/recent/ticker-posts

BEREDAR KABAR TENTANG PEMUTUSAN KONTRAK KERJA MD DI PT. MSC DAN PT. AICE, AGUS BANGUN : ITU TIDAK BENAR

Tarunaglobalnews.com, Simalungun, Bosar Maligas — Sebagaimana diketahui bahwa PT. Macan Sejahtera Cahaya (PT.MSC) selaku Vendor yang bergerak di bidang jasa tenaga kerja atau penyalur tenaga kerja outsourcing pada perusahaan-perusahaan rekanan yang ada di Special Economic Zone (SEZ) atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, juga perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di wilayah Sumatera merupakan Vendor yang kredibilitasnya sudah dipercaya oleh masyarakat maupun pelaku dunia usaha yang senantiasa mendahulukan kepentingan masyarakat dan kearifan lokal.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan sudah banyaknya jumlah tenaga kerja outsourcing yang direkrut oleh PT. Macan Sejahtera Cahaya dan telah disalurkan untuk bekerja ke beberapa perusahaan yang sudah bekerjasama dengan PT. MSC di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, diantaranya adalah PT.Aliance, PT.Aice, PT.Dryport dan lain sebagainya. Diketahui bahwa kiprah PT. MSC dalam menjalin kerjasama dan kemitraan dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei tersebut sudah berjalan selama bertahun-tahun, bahkan sudah cukup banyak tenaga kerja outsourcing PT. Macan Sejahtera Cahaya yang saat ini telah menjadi karyawan permanen pada perusahaan-perusahaan rekanan yang ada.

Manager PT. Macan Sejahtera Cahaya Agus Bangun pada Selasa (30/01/2024) sekira pukul 11:00 WIB menyampaikan kepada awak media, "Sesuai permintaan PT.Aice kepada pihak PT.Macan Sejahtera Cahaya bahwa diperlukan 10 (sepuluh) orang tenaga kerja untuk dipekerjakan di bagian merchandise display."

Berikut klarifikasi yang disampaikan pihak PT.Macan Sejahtera Cahaya kepada awak media yang disampaikan oleh manajer PT. Macan Sejahtera Cahaya Agus Bangun, " Diawali adanya permintaan / request dari klien kami PT. Aice Sumatera Industry yang membutuhkan 10 orang tenaga kerja untuk ditempatkan di Divisi Sales sebagai Support Sales / MD (Merchandise Display) dengan kriteria dan benefit sebagai berikut :

1. Laki – laki usia 18 – 30 thn 

2. Memiliki Kendaraan (Sepeda Motor) Pribadi 

3. Memiliki Surat kendaraan yang berlaku

4. Memiliki SIM

5. Bersedia ditempatkan di area market Siantar ( Siantar, Tebing Tinggi, Perdagangan dan sekitarnya)

6. Gaji UMK

7. Probation 3 Bulan (Filter, kalau di anggap berhasil akan di rekrut oleh pihak PT. Aice)

8. Tunjangan makan dan Transportasi

9. Job Desk Support Sales / MD (Merchandise Display)

 Keliling outlet Es krim Aice (market Siantar) sesuai penempatan

 Membersihkan Freezer

 Menata produk

 Memeriksa produk dan melaporkannya

 Menjembatani komunikasi antara pihak Toko dan PT.Aice

 Pelayanan kepada pihak toko

Setelah dilakukan perekrutan dan diseleksi oleh pihak PT. Macan Sejahtera Cahaya dengan kesiapan Calon tenaga kerja mengikuti peraturan yang berlaku baik dari PT. Macan Sejahtera Cahaya maupun PT. Aice Sumatera Industry ada 9 orang yang dinyatakan lulus dan selanjutnya dilaksanakan penandatanganan kontrak oleh kesembilan orang tenaga tersebut dengan pihak PT. Macan Sejahtera Cahaya selama 3 bulan.''paparnya.

Dijabarkan kembali," Namun baru berjalan ± 51 hari, pekerjaan dinyatakan selesai dengan adanya pemberitahuan penghentian projek MD (Merchandise Display) dari pihak PT. Aice Sumatera Industry yang mana dinyatakan bahwa jenis pekerjaan merchandise display resmi telah berakhir atau jenis pekerjaan tersebut telah selesai di tanggal 06Januari 2024, serta dilakukan pengembalian tenaga kerja ke PT. Macan Sejahtera Cahaya, terhadap kesembilan orang tersebut dan menjelaskan kepada mereka karena berakhirnya projek tersebut maka untuk penempatan selanjutnya akan di proses oleh PT. Macan sejahtera Cahaya. Dengan adanya hal tesebut bahwa tidak ada yang namanya memutus kontrak kerja terhadap kesembilan orang tenaga kerja dimaksud seperti pemberitaan media beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa jenis pekerjaan merchandise display sudah berakhir. Menyikapi hal tersebut, baik PT. Macan Sejahtera Cahaya maupun PT.Aice Sumatera Industry tidak pernah atau tidak ada memutus kontrak kerja kepada siapapun, oleh sebab itu pihak PT.Macan Sejahtera Cahaya memberikan dispensasi terhadap kesembilan orang tenaga kerja tersebut, diarea kerja yang lain yang memerlukan penambahan tenaga kerja atau keperluan membackup karyawan di Divisi lainnya dan mereka yang akan di prioritaskan."jelasnya.

Berdasarkan hal tersebut Agus Bangun dengan tegas mengatakan "Kami jelaskan sekali lagi bahwa kami pihak PT. Macan Sejahtera Cahaya tidak pernah memutus kontrak kerja kesembilan orang tenaga kerja merchandise display yang bekerja di PT.Aice Sumatera Industri, demikian juga halnya dengan PT.Aice Sumatera Industry. Apalagi disebut telah melakukan bentuk penipuan atau pungli perjanjian kontrak juga penipuan dalam bentuk materi, itu tidak benar adanya, sebagaimana yang diberitakan oleh media sebelumnya, dapat kami tegaskan bahwa semua itu tidak benar alias hoax," tegas Agus Bangun.

Bahkan menurut Agus Bangun, " Kami ( PT. Macan Sejahtera Cahaya-red) sudah melakukan pertemuan dengan pihak PT.Aice Sumatera Industry dan menyampaikan bahwa pemberitaan disalah satu media beberapa waktu yang lalu tidak ada konfirmasi terlebih dahulu kepada PT. Macan Sejahtera Cahaya juga kepada pihak PT.Aice Sumatera Industry, oleh sebab itu menurut kami bahwa berita tersebut tidak memenuhi unsur pemberitaan yang adil dan berimbang, dan menurut kajian kami berita tersebut masuk dalam ranah pencemaran nama baik kami PT. Macan Sejahtera Cahaya juga PT.Aice Sumatera Industry," sebut Agus Bangun.

Kembali ditambahkannya," Ada beberapa orang yang sudah menghadap kepada saya, diantaranya Amrullah, Ferdi, Rizki dan Ikbal dan mengatakan bahwa mereka tidak ikut-ikutan atau tidak tahu menahu dalam pemberitaan itu, dimana berita tersebut tidak mewakili mereka, dan hanya diduga sumber pemberitaan tersebut bersifat personal, dan mereka tidak pernah ada menyatakan hal tersebut kepada siapapun apalagi awak media."ungkapnya. (Des)

Posting Komentar

0 Komentar