Breaking News

6/recent/ticker-posts

PERINGATAN HUT NTB KE 65 DENGAN SPIRIT "NTB MAJU MELAJU" INI AMANAT BUPATI DOMPU

Bupati Dompu H.Kader Jaelani ketika membacakan Amanat PJ Gubernur NTB.

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Peringatan Hari Ulang Tahun ke 65 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kabupaten Dompu berlangsung Hikmad dan meriah sekalipun diguyuri hujan ringan, Kamis (21/12/23) dimulai sekitar pukul 08.00 Wita.

Upacara tersebut di pimpin langsung Bupati Dompu H.Kader Jaelani bertempat di lapangan Beringin Pemda Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Wakil Bupati H.Syahrul Parsan ST. MT, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK, Dandim 1614 Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati ST. MM, Ketua PN Dompu, Kejari Dompu, Pimpinan DPRD Dompu dan Anggota, Sekda Dompu Gatot Gunawan Putra Perantau SKM.MKes, Asisten 1,II dan III, Staf Ahli, Kepala OPD lingkup Pemda Dompu dan seluruh Pejabat teras Di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu serta seluruh Kariawan dan Karyawati di lingkup Pemda Dompu maupun peserta upacara di perkirakan lima ratus orang dari berbagai Dinas/instansi dan Lembaga se Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu H.Kader Jaelani membacakan sambutan PJ Gubernur NTB menyampaikan, puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul di tempat ini untuk merayakan hari jadi Daerah kita tercinta Nusa Tenggara Barat (NTB). Dan atas nama pribadi dan sebagai pejabat Gubernur mewakili seluruh masyarakat NTB merasa sangat bersyukur dan bangga dapat ikut mewarnai perjalanan Pemerintah, Pembangunan dan kemasyarakatan di usia ke 65 tahun Nusa Tenggara Barat Tercinta.

Momentum peringatan HUT NTB kali ini memilih makna khusus bagi saya, dimana saya diamanahi sebagai pejabat Gubernur NTB pasca dilantik Menteri Dalam Negeri pada tanggal 19 september 2023 lalu, untuk memegang kendali Pemerintahan transisi di provinsi NTB sampai dengan batas waktu penugasan yang telah di atur dalam Undang-Undang dan peraturan-peraturan lainya.

Masih Bupati Dompu menyampaikan, makna khusus lain peringatan HUT NTB kali ini terasa berbeda karena di laksanakan di Kabupaten Sumbawa, untuk menunjukan bahwa pulau lombok dan pulau sumbawa adalah satu kesatuan yaitu Nusa Tenggara Barat, jelasnya. 

Dengan kehadiran kita disini untuk memperkuat jalinan silaturahmi dan mendekatkan pemerintah dengan masyarakat di seluruh Kabupaten/Kota, paparnya.

Mengawali amanah sebagai penjabat Gubernur, langkah pertama menapaki perjalanan dalam mewujudkan cita-cita besar membangun NTB, kami kemas dalam spirit baru"NTB Maju Melaju." harapnya.

Lanjutnya, semangat ini hadir sebagai proses akselerasi yang tidak hanya sekedar menjaga momentum pembangunan yang sudah di torehkan oleh pimpinan sebelumnya, tetapi bagaimana terus memacu akselerasi pembangunan kedepannya, jelasnya.

Untuk itu, program inovatif menjadi cara pembuktian dalam ikhtiar membangun yamg progresif melalui terobosan baru yang kami inisiasi, yaitu program "Jum'at Salam."

"Jumat Salam akronim dari"jumpai Masyarakat selesaikan aneka persoalan masyarakat," merupakan usaha pemerintah Provinsi NTB untuk mengetahui kehidupan masyarakat serta mencari solusi terhadap setiap permasalahan di masyarakat, yang dilaksanakan di semua Desa/Kelurahan dan seluruh wilayah NTB."

Tambahnya, program ini bertujuan untuk menanggulangi isu-isu strategis Nasional di Daerah yakni percepatan penurunan stunting menuju 14 persen tahun 2024, Penghapusan kemiskinan ekstrim menuju nol tahun 2024, dan peningkatan produktivitas Daerah 2,7 persen menjadi 4,1 persen terhadap PDB Nasional, jelasnya. 

Selain itu secara khusus, program ini juga dihajatkan untuk mensosialisasikan Pemilu damai di tengah-tengah rakyat, serta mendukung produk-produk lokal dengan menggalangkan gerakan Bela beli produk lokal, guna menggerakkan ekonomi masyarakat melalui program Jum,at blondong/ sarung produk lokal NTB, pintanya.

Selama 65 tahun NTB telah mengalami berbagai kemajuan signifikan di berbagai sektor, dari pertumbuhan ekonomi yang membaik setelah melewati rangkaian cobaan yang menerpa, hingga peningkatan kwalitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta perbaikan pembangunan berbagai infrastruktur.

Kemudian pada bulan oktober bulan lalu, NTB berhasil meraih capaian pisitif dalam pengendalian inflasi, NTB masuk ke dalam sepuluh besar provinsi dengan inflasi terendah di indonesia sebesar 2,66 year on year (YOY). Sementara angka inflasi gabungan month to month (MTM) NTB di bawah angka inflasi Nasional sebesar 0,3 persen.

Demikian halnya NTB kembali sukses menggelar berbagai perhelatan akbar moto GP, MXGP Samota dan selaparang festival fashion/lombok international modest fashion festival (LIMOFF) dan berbagai event mice skala nasional dan internasional lainya, ucapnya.

Di akhir sambutan ia menyampaikan dalam menghadapi tahun politik ini, saya himbau kepada seluruh lapisan masyarakat NTB untuk berpartisipasi aktif mendukung pelaksanaan pemilu dalam suasana kondusif, aman, damai dan harmonis.

Kemudian hargai perbedaan pilihan politik, tolak politisasi uang (black campaign), gunakan media sosial secara bijak dengan tidak menyebar hoax dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah sesama anak bangsa, tandasnya.

Di akhir sambutan ia berharap jagalah persatuan dan kesatuan kita korbankan demi sebuah perbedaan yang sesaat. Demokratisasi perjalanan/suasana tetap aman, damai, tujuan dapat tercapai, harapnya dengan optimis.

Rangkaian peringatan HUT Nusa Tenggara Barat ke 65 Pemda Dompu bekerja sama dengan PT STM menggelar aksi kemanusiaan berupa pengobatan/operasi Katarak gratis bagi masyarakat lansia sekitar 200 orang selama dua hari berturut-turut bertempat di lapangan beringin Bupati Dompu dan kegiatan ini berlangsung aman dan sukses sebagaimana yang di harapkan,pungkasnya. (Ddo/Rdw) 

Posting Komentar

0 Komentar