Breaking News

6/recent/ticker-posts

GELIAT SMK SWASTA SATRYA BUDI 1 PERDAGANGAN WUJUDKAN SEKOLAH SEHAT

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun, Bandar — Penetapan sekolah binaan implementasi sekolah sehat melalui surat kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Utara yang ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan provinsi Sumatera Utara Dr. H. Asren Nasution, MA pada Juni 2023 lalu yang salah satu dari 8 (delapan) SMK yang ada di Sumatera Utara yaitu SMK swasta Satrya Budi 1 Perdagangan kecamatan Bandar kabupaten Simalungun.

Pasca surat keputusan dari dinas pendidikan provinsi Sumatera Utara yang mengacu pada surat Kemendikbud Riset RI, yayasan perguruan SMK swasta Satrya Budi 1 Perdagangan terus melakukan upaya-upaya untuk dapat mengimplementasikan sekolah sehat di lingkungannya.

Sabtu (09/12/2023) pagi sejak sekira pukul 09.15 WIB, SMK swasta Satrya Budi 1 Perdagangan menerima kunjungan Tim kesehatan dari puskesmas Perdagangan. Kedatangan tim kesehatan Puskesmas Perdagangan yang dipimpin oleh dr. Paula Netsy Purba, M. Kes ke SMK swasta Satrya Budi 1 Perdagangan untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan tehnik dialog interaktif kepada para siswa-siswi terkait tentang program dokter sekolah (remaja) untuk UKS dan screening kejiwaan tersebut disambut langsung oleh kepala sekolah SMK swasta Satrya Budi 1 Perdagangan Iman Syahbudi, S.Pd.

Apresiasi positif disampaikan oleh dr. Paula Netsy Purba, M.Kes bersama tim atas antusiasme pihak sekolah dan para siswa-siswi nya dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut." Ini merupakan bentuk kerjasama antara dinas kesehatan dengan pihak sekolah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan siswa. Hari ini kami memperkenalkan kepada para siswa tentang apa dan bagaimana fungsi dari dokter remaja yang nantinya akan diberdayakan di ruang UKS. Dan kedepannya kita akan melanjutkan kerjasama ini yang nantinya para siswa-siswi yang berpotensi untuk menjadi dokter remaja di SMK swasta Satrya Budi 1 Perdagangan ini akan langsung terkoneksi dengan kita melalui aplikasi. Dan kita juga akan memberikan sertifikat kepada mereka. Secara keseluruhan kami sangat mengapresiasi atas atensi pihak sekolah dan antusias para siswa dalam mengikuti program kegiatan yang dilaksanakan tadi."tuturnya.

Sementara itu, ketua yayasan perguruan Satrya Budi Perdagangan Nur Samsi, SP,.MM melalui kepala sekolah SMK swasta Satrya Budi 1 Perdagangan Iman Syahbudi, S.Pd menyampaikan komitmen sekolah dalam melakukan kampanye sekolah sehat." Setelah beberapa waktu lalu sekolah kita telah terpilih menjadi salah satu dari delapan SMK yang ada di Sumatera Utara sebagai sekolah binaan implementasi sekolah sehat berdasarkan surat keputusan dinas pendidikan provinsi Sumatera Utara yang merujuk dari surat Kemendikbud Riset RI, secara intens kita menerapkan berbagai pola untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Diantaranya adalah program sehat jasmani dengan cara melakukan kebiasaan peregangan otot bagi para siswa dan guru disetiap pergantian les mata pelajaran dan secara rutin juga melakukan senam kesegaran jasmani seminggu sekali. Selain itu kita juga menerapkan upaya sehat bergizi yaitu kami menganjurkan kepada para siswa untuk mengkonsumsi air putih di sekolah minimal dua gelas sehari dan seminggu sekali kami memprogramkan sarapan bersama guru dengan para siswa. Dan berikutnya meliputi tentang sehat jiwa dan upaya yang kita lakukan adalah dengan menjalin kerjasama dengan dinas kesehatan dalam hal ini pihak puskesmas Perdagangan. Seperti yang tadi kita laksanakan yaitu program kegiatan screening kejiwaan yang diikuti oleh siswa-siswi kita dengan penuh antusias. Kita sangat berterimakasih kepada pihak dinas kesehatan dalam hal ini puskesmas Perdagangan yang hari ini telah datang dan memberikan materi serta sosialisasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan dunia kesehatan kepada para siswa-siswi kami."terangnya.

Nurul Aulia salah seorang siswi kelas XI yang mengikuti program kegiatan sosialisasi kesehatan dan dokter remaja dari dr. Paula Netsy Purba, M. Kes merasa sangat senang dan antusias dengan kegiatan tersebut." Kami sangat senang dan antusias dengan materi yang tadi disampaikan oleh Bu dokter. Beberapa hal yang tadi dipaparkan oleh bu dokter yaitu cara penanganan pertama apabila secara tiba-tiba disekitar kita ada orang yang mengalami pingsan,mimisan atau yang lainnya. Harapan kami semoga kedepannya dapat lebih menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih di lingkungan sekolah. Dan pastinya program kegiatan seperti sangat baik dan positif bagi sekolah khususnya untuk kami para siswa. Karena dapat menambah wawasan juga pengetahuan kami tentang pendidikan kesehatan."sebutnya. (des) 

Posting Komentar

0 Komentar