Breaking News

6/recent/ticker-posts

SEORANG SISWA MAN LIMA PULUH MENINGGAL SAAT MENGIKUTI PERTANDINGAN FUTSAL, KADIS PARPORA : DIDUGA KETELEDORAN PANITIA

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Batu Bara — Meninggalnya A (17) warga Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara seorang siswa MAN Batu Bara saat bertanding futsal pada pertandingan antar sekolah di GOR Kisaran menjadi perbincangan dan menuai kritik di Kabupaten Batu Bara. 

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Batu Bara Sapri Moesa menduga peristiwa tersebut diduga tidak terlepas dari keteledoran panitia. 

"Dugaan kita, ini keteledoran panitia yang dinilai tidak sigap menyiapkan peralatan emergency atau P3K di lokasi pertandingan, Diduga tidak ada tim kesehatan, tabung oksigen dan juga ambulans."jelas Sapri Moesa kepada sejumlah wartawan. Rabu (29/11/2023). 

Sapri menyebutkan dalam menggelar suatu event olahraga, panitia harus mendapat rekomendasi dari induk olahraga sebelum menggelar kegiatan. 

Juga harus melengkapi kelengkapan manajemen pertandingan seperti kelayakan tempat pertandingan, tenaga kesehatan, ambulans serta wasit yang memimpin pertandingan, Wasit harus dari induk organisasi yang resmi dan berlisensi. Kemudian, Terkait itu Sapri tidak dapat memastikan apakah panitia telah melengkapi persyaratan diatas. 

Hanya saja informasi yang diperolehnya dari KONI Batu Bara, begitu terjatuh saat hendak mengambil bola, korban dibawa ke rumah sakit di Kisaran bukan menggunakan ambulans namun menggunakan sepeda motor. 

Selain kesiapan panitia, Sapri juga menjelaskan tim yang akan ikut serta pada pertandingan harus melengkapi beberapa persyaratan mutlak.  

Persyaratan pertama adalah menyertakan surat kesehatan atlit, Untuk pertandingan yang melibatkan sekolah juga wajib mendapat rekomendasi dari sekolahnya selanjutnya mendapatkan rekomendasi dari induk organisasi yang menaungi cabor yang diikuti. 

Senada, Ketua KONI Kabupaten Batu Bara M Nur Ain mengatakan baik panitia maupun peserta harus berpedoman pada SOP yang telah ditetapkan. 

Disebutkan Nur Ain diantara SOP yang harus dipenuhi antara lain kesiapan panitia,  kegiatan harus terukur dan memperhatikan kondisi serta kesiapan tim yang akan bertanding. 

Ini menjadi pembelajaran bagi kita ke depan. Dalam cabang olahraga manapun tanpa terkecuali harus memenuhi SOP, kata Nur Ain. 

Namun, saat dikonfirmasi wartawan lewat selulernya, Ketua DPD Kosgoro Asahan Qomaruddin mengaku panitia telah memenuhi SOP. 

Semua lengkap sesuai SOP, Ada tim medis dan ambulans, Juga ada surat rekomendasi dari sekolah asal tim yang bertanding yang ditandatangani kepala sekolah, ucapnya. 

Sedangkan terkait membawa korban ke rumah sakit menggunakan sepeda motor disebutkan Qomaruddin karena lokasi rumah sakit dekat dari GOR. 

Sekedar diketahui, A seorang siswa MAN Batu Bara meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit di Kisaran. Selasa (28/11/2023). 

Ketika bertanding dalam turnamen antar pelajar Kosgoro dengan posisi penjaga gawang, korban terjatuh saat sedang mengambil bola yang keluar dari lapangan. "Pungkasnya. (HP)

Posting Komentar

0 Komentar