Breaking News

6/recent/ticker-posts

KOMUNITAS RADIO BANKOM RAYA SIANTAR-SIMALUNGUN BESERTA KARANG TARUNA KABUPATEN SIMALUNGUN MELAKUKAN AKSI PEDULI MUSEUM SIMALUNGUN

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Siantar — Dalam Rangka menyambut HUT Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 Komunitas Radio Bankom Raya Siantar-Simalungun beserta Karang Taruna Kabupaten Simalungun,Etnis pemuda semua golongan dan pihak museum Simalungun merevitalisasi museum Simalungun yang berada di kota Pematang siantar.

Pada hari jumat tanggal (28/07/2023) Sekira pukul 09.00 WIB Komunitas Radio Bankom Raya Bersama pengurus Karang Taruna Kabupaten Simalungun memulai kegiatan gotong royong bersama membersihkan pekarangan yang berada di di Museum Simalungun.

Stigma museum sebagai gudang kumuh yang tidak menarik untuk dikunjungi merupakan masalah klasik yang perlu diperhatikan dan diperbaiki. Perhatian dan perbaikan yang dimaksud adalah dengan mengubah paradigma museum yang awalnya berorientasi objek diubah menjadi berorientasi publik. 

Selama ini museum digunakan oleh para peneliti untuk menyimpan benda hasil temuan dan penelitian mereka, namun kurang menyediakan informasi yang cukup menarik bagi masyarakat. Selain memelihara dan merawat, tugas pemerintah adalah menyampaikan informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat. 

Budaya daerah adalah budaya yang menggambarkan keadaan dan sifat di setiap daerah. Mengabaikannya bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah di sekitar kita.

Pelestarian budaya merupakan upaya perlindungan dari kemusnahan atau kerusakan warisan budaya, seperti dikutip dari buku Kemenbudpar bertajuk "Kebijakan Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan".

Maksud dari melestarikan budaya adalah agar nilai-nilai luhur budaya, yang ada di dalam suatu tradisi dapat tetap dipertahankan, meskipun telah melalui proses perubahan bentuk budaya.

Indonesia telah dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya daerah atau lokalnya. Untuk itu, dengan banyaknya warisan budaya daerah yang dimiliki bangsa Indonesia, masyarakat kita wajib untuk melestarikan budaya daerah sekitarnya.

Cara-cara yang bisa lakukan untuk melestarikan budaya daerah sekitar kita, diantaranya:

• Memperhatikan dan mempelajari budaya daerah. Contohnya dengan mempelajari tarian dan juga alat musik daerah sekitarmu.

• Menggunakan pakaian adat, sesuai dengan acara-acara tertentu.

• Mempelajari dan memakai bahasa daerah di lingkungan keluarga.

• Mengadakan dan turut serta dalam kegiatan lomba/pentas seni di daerah sekitar.

Cara Menghargai Keberagaman Budaya Daerah

Banyaknya budaya yang kita miliki tidak hanya cukup untuk dilestarikan, namun budaya daerah juga perlu kita hargai. Beberapa cara untuk menghargai keberagaman budaya di sekitar kita adalah:

• Tidak menjelek-jelekan atau menghina suku dan ras bangsa lain.

• Menghormati adat istiadat daerah lain.

• Senantiasa untuk mau mengenal adat istiadat dari berbagai budaya suku yang ada di Indonesia.

Untuk acara puncak merevitalisasi Museum Simalungun akan berlangsung pada hari sabtu (29/07/2023) Sekira pukul 09.00 Wib. (Res)

Posting Komentar

0 Komentar