Breaking News

6/recent/ticker-posts

Wujudkan Desa Maju: ITB Ahmad Dahlan Jakarta Lakukan Riset Bekerjasama dengan Kemdikbud - LPDP

TARUNAGLOBALNEWS.COM

DAERAH di Indonesia masih banyak yang tergolong tertinggal. Pada tingkatan desa, berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2020 terdapat sekitar 19.000 desa masih tergolong desa tertinggal. Padahal pembangunan desa merupakan bagian penting yang perlu dilakukan dalam menopang kemajuan negara. Pembangunan desa dapat diwujudkan dengan melibatkan multipihak. Selain pemerintah dan masyarakat desa, perguruan tinggi sebagai akadmisi memiliki peran mengurangi desa tertinggal. Peran perguruan tinggi dapat diimplementasikan melalui Pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Atas dasar itu, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan terus berupaya membantu pemerintah dalam mengurangi desa tertinggal. Upaya tersebut dilakukan baik melalui Pendidikan dan pengajaran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. Senin (5/12/2022).

Pada bidang pendidikan dan pembelajaran ITB Ahamd Dahlan memberikan kesempatan kepada masyarakat desa di Indonesia untuk kuliah di ITB Ahmad Dahlan melalui program Sarjana Desa. Program Sarjana Desa diperuntukkan masyarakat desa baik pejabat/perangkat desa maupun masyarakat desa yang ingin melanjutkan kuliah jenjang pendidikan sarjana (S1).

Sementara pada bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, ITB Ahmad Dahlan bekerjasama dengan desa dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat salah satunya adalah berkerjasama dengan Desa Cinoyong Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Pada tahun 2021 ITB Ahmad Dahlan mendapatkan hibah penelitian dari Kemdikbud melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian telah dilalukan untuk meningkatkan status desa tertinggal menjadi desa maju. Diantaranya adalah penelitian tentang pengembangan potensi ekonomi dan model pembangunan ekonomi desa, pendirian koperasi, dan pengembangan produk lokal.

Diharapkan melalui penelitian dan pengabdian masyarakat ini, sasaran (desa) dapat berubah statusnya menjadi desa maju. Sebagai informasi, Cinoyong merupakan desa tertinggal berdasarkan status IDM pada tahun 2021. Berdasarkan pada IDM Desa Cinoyong, komponen IDM terendah adalah Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) yang hanya mencapai 0,2151. Sementara indeks lainnya di atas 0,5 baik Indeks Ketahanan Sosial (IKS) maupun Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL).

Untuk merubah status desanya, pemerintah desa dibantu oleh ITB Ahmad Dahlan, berkomitmen menaikan status desa menjadi desa mandiri secara bertahap. Komitemen ini dituangkan dalam komitmen perencanaan pembangunan desa dengan target tercapai pada tahun 2030. (Sapari)

Posting Komentar

0 Komentar