Breaking News

6/recent/ticker-posts

Sejarah Singkat KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Ketika Penyambutan KRI dr.wahidin Sudirohusodo - 991oleh panglima koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah di dermaga Lantamal XIV kemudian di lanjutkan dengan membacakan sejarah singkat yang bertempat di dermaga Mako Lantamal XIV Sorong Papua Barat. Senin (29/08/2022.

Kapal ini merupakan kapal jenis BRS ( Bantu Rumah Sakit ) sepanjang 124 Meter yang merupakan Hasil karya anak bangsa,dari PT PAL Surabaya. Pekerjaannya di mulai dari Pemotongan besi pertama kapal ini dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2019, dan pemasangan lunas pertama pada tanggal 14 Oktober 2019.

Kemudian Launching dan pemberian nama dr. Wahidin Sudirohusodo dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2021. KRI dr. Wahidin Sudirohusodo – 991 selanjutnya diserahkan dan diresmikan masuk kejajaran TNI AL pada tanggal 14 Januari 2022.

KRI dr. Wahidin Sudirohusodo masuk dalam jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada III yang memiliki fungsi asasi dalam rangka mendukung layanan kesehatan di laut, darat dan udara, serta mendukung Operasi Militer Perang ( OMP ) maupun Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ).  

Selanjutnya nama dr.Wahidin Sudiro Husodo adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Kecamatan Melati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada tanggal 7 Januari 1852. Beliau memiliki cita-cita yang gigih untuk membebaskan rakyat dari penjajahan, salah satu kuncinya adalah rakayt harus bisa cerdas.

Setelah menyelesaikan sekolah dokter, dr.Wahidin Sudiro Husodo banyak mengabdikan dirinya dalam bidang kesehatan dengan memberikan pengobatan gratis kepada rakyat jelata. Beliau memberikan peran yang besar dalam menginspirasi para pemuda untuk bisa dapat memperjuangkan lahirnya organisasi Budi Utomo yang di anggap sebagai simbol bangkitnya kekuatan nasionalisme melawan penjajah.

dr.Wahidin Sudiro Husodo wafat di Yogyakarta pada tanggal 26 Mei 1917. Beliau adalah sosok yang inspiratif secara pribadi maupun melalui pemikiran-pemikiran modern yang melahirkan kebangkitan nasional Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah,"tutup".

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar