Breaking News

6/recent/ticker-posts

Dandim 1802/Sorong Hadiri kegiatan Gelar Pasukan dan Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Lantamal XIV TA. 2022


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat – Komandan Kodim 1802/Sorong Letkol Inf Tody Imansyah menghadiri kegiatan Apel Gelar Pasukan dan Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Lantamal XIV TA. 2022 yang bertempat di Lapangan Mako Lantamal XIV Sorong, Jalan Bubara No 1, Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi.Selasa, (12/07/2022)

Dalam sambuatanya Danlantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E, M.Si, M.Tr Opsla.menyampaikan program pelatihan penanggulangan bencana yang kita laksanakan saat ini. Seperti kita ketahui bersama latihan bahwa penanggulangan bencana pada hakekatnya adalah kegiatan latihan yang dimaksudkan untuk melatih kemampuan, ketrampilan dan skill semua instansi termasuk masyarakat terkait mampu melakukan tugas masing-masing sesuai fungsinya apabila dihadapkan dengan kejadian yang sebenarnya yang terlibat dalam oraganisasi 

Pelatihan dan penanggulangan bencana alam ini juga merupakan program TNI angkatan laut yang dilaksanakan oleh Dinas Potensi Maritim TNI Al di Wilayah Kerja Lantamal XIV Sorong pada TW III TA 2022.

Pelatihan fungsi penanggulangan bencana alam di Lantamal XIV Sorong bertujuan untuk. Meningkatkannya kemampuan Personel TNI AL dan masyarakat pesisir dalam menghadapi bencana alam mulai dari mitigasi bencana, peringatan dini dan potensi gempa bumi, tsunami sesuai mekanisme yang berlaku.

Meningkatnya pemahaman tentang resiko akibat bencana gempa bumi, tsunami bagi masyarakat di daerah sorong dan Instansi dalam meningkatnya pemahaman peran dan fungsi masing-masing melaksanakan penanggulangan bencana di daerah atau di pusat dalam menghadapi ancaman resiko akibat bencana gempa bumi dan tsunami.

Disisi lain, latihan ini juga mempunyai tujuan untuk melatih semua instasi di daerah untuk bagaimana bisa bekerjasama, berkoordinasi secara terpadu dalam rangka mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk potensi maupun bencana yang akan terjadi, sehingga semua instansi yang ikut dalam latihan ini dapat selalu waspada. 

Kegiatan latihan ini juga diharapkan agar dapat mampu mengembangkan sikap sadar terhadap bencana dalam perilaku sehari-hari sebagai masyarakat yang dapat diarahkan pada kemampuan pembinaan ketahanan wilayah serta menciptakan kondisi yang kondusif, sebagai bentuk kepedulian atas musibah atau bencana alam yang pernah terjadi dan untuk mengantisipasi kejadian bencana alam yang lainnya sekaligus serta membangun kemanunggalan TNI Angkatan Laut bersama masyarakat dalam upaya membina kemampuan pertahanan negara.

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar