Breaking News

6/recent/ticker-posts

SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1443 H, WARGA HUTA I NAGORI BANDAR TINGGI GELAR TAUSIYAH SERTA DOA BERSAMA

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun — Bulan suci Ramadhan 1443 H, sudah di depan mata dan disambut gembira oleh seluruh umat Islam. Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, masyarakat Nagori Bandar Tinggi memiliki tradisi munggahan. Tradisi itu masih dipertahankan.

Seperti yang dilakukan warga Huta I Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun. Mereka menggelar tausiyah dan doa bersama di Masjid Miftahul Iman. Kamis (31/03/2022) selesai sholat isya.

Acara munggahan ini diawali dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan oleh Bapak Sugiono, dan dihadiri ratusan warga Huta I Nagori Bandar Tinggi dari Kaum Adam sampai Kaum Hawa, Ketua BKM Miftahul Iman Bapak Irianan, serta Sekretaris MUI Kabupaten Simalungun Ustadz H. Chairul Anwar, S.Ag., yang bertindak sebagai Penceramah di dalam acara munggahan ini.

Selain itu, makanan yang dibawa seluruh warga masyarakat yang hadir, saling bertukar-tukaran antara satu dengan yang lainnya.

Ustadz H. Chairul Anwar, S.Ag., dalam ceramahnya menerangkan, Tiga Amalan Pokok di bulan suci Ramadhan antaranya, Perbanyak Sholat, Membaca Al-Qur'an dan Infaq.

"Ketika Ramadhan apabila ketiga hal ini dilakukan pahala kita akan berlipat ganda."jelas H. Chairul Anwar,S. Ag.,

Di tempat yang sama setelah selesai acara, Ketua BKM Miftahul Iman Bapak Iranan, saat dikonfirmasi awak media Tarunaglobalnews.com menjelaskan, "Munggahan, merupakan tradisi leluhur masyarakat Bandar Tinggi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, karena masih diberi kesempatan bisa bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan serta meningkatkan tali silaturahmi antar warga."jelasnya.

"Kami bersyukur bisa berpuasa, kesempatan membersihkan diri dari hal-hal buruk selama setahun dan berharap terhindar dari perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,"pungkas Bapak Irianan. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar