Breaking News

6/recent/ticker-posts

Bertemu Plt.Direktur Ormas Kemendagri RI, Ini Yang Disampaikan Presiden LIRA Andi Syafrani

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Jakarta — Presiden LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), Andi Syafrani, SH, MCCL, CLA, CM, SHEELL kembali melakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal Politik dan Pemerinthan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri RI di Jakarta. Usai terpilih sebagai Presiden LIRA pada Musyawarah Nasional LIRA III di Batam, Kepulauan Riau, Andi bersama tim kerjanya terus melakukan konsolidasi organisasi.

Kali ini Andi yang didampingi tim kerjanya bertemu langsung dengan Dirjen Polpum RI, Risnandar Mahiwa, S.STP,M.Si. Andi menyebut pertemuannya dengan Risnandar, adalah untuk menyampaikan hasil Munas LIRA III, yang telah dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau, tanggal 23-24 Maret 2022.  

“Bertemu Pak Direktur Ormas untuk bersilahturahim dan membicarakan peluang kerjasama program di Kemendagri,” tegas mantan pengacara Jokowi-Ma’ruf Amin.

Lanjut Andi, banyak hal yang disampaikan Direktur Ormas, hal yang utama pasca Munas, LIRA perlu segera merapikan administrasi kelembagaan. Kemendagri saat ini tengah menyusun indeks Ormas. Disinilah LIRA perlu membangun komunikasi dan sinergisitas dengan konsili LSM.

Sementara itu Direktur Ormas menyampaikan, bahwa pemberdayaan Ormas merupakan tanggung jawab pemerintah. Kemendagri siap menjembatani untuk pemberdayaan Ormas, baik langsung di pusat, maupun melalui pemerintah daerah.

"Atas nama kader LIRA se Indonesia, saya mengapresiasi penyambutan yang penuh keakraban ini. Pemerintah sebagai pembina Civil Society Organization (CSO), patut kita dukung. Kedepan kami akan terus berupaya melakukan komunikasi lintas sektor untuk mensinergikan berbagai program," tambah Andi.

Kami sementara menyusun kepengurusan pasca Munas. Permintaan Pak Direktur Ormas untuk merapikan administrasi LIRA, segera kami lakukan. Sebagai LSM yang punya cabang di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, LIRA siap bekerjasama dan akan mengikuti program pemerintah, baik di pusat maupun di di daerah. 

“Senang sekali kalau bisa dapat ngobrol lebih lanjut, rencana bulan juni kami akan melakukan pengukuhan pengurus, untuk itu kami berharap Kemendagri bisa hadir,” lanjut Andi mengakhiri perbincangan.

Bupati LIRA Malang, M.Zuhdy Ahmadi mengapresiasi kunjungan Presiden LIRA ke Direktorat Jenderal Politik dan Pemerinthan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri RI. Kunjungan tersebut sebagai bentuk sinergi antara kedua Lembaga.

“Saya mengapresiasi langkah Presiden LIRA, yang secara nyata memberikan apresiasi terhadap pemerintah (Kemendagri) sebagai pembina Ormas/NGO, yang dapat membuka diri dan mau berdiskusi untuk pengembangan organisasi ke depan. Harapannya LIRA bersama Kesbangpol akan melakukan sinergi baik dalam bentuk kajian maupun implementasi supaya penyelenggaraan organisasi bisa lebih baik ke depan,” tutur arek Malang Didik Sakera, begitu M.Zuhdy Ahmadi biasa disapa.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Walikota LIRA Binjai, Eddy Aswari. Dia berharap, semoga kunjungan ini terus bisa ditindak lanjuti dengan hal-hal yang konkrit. Kami di daerah bisa termotivasi jika DPP terus membangun komunikasi dengan Lembaga Negara di pusat, ini kabar baik bagi kami di daerah.

Turut mendampingi Presiden LIRA dalam kunjungan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerinthan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri RI yaitu Frans Watu (tim formatur), Vera Tobing, Arinta Lenggono, Direktur Konsili LSM Anick HT, Direktur Media Survei Indonesia (MSI) Asep Rahmatullah. (Her)

Posting Komentar

0 Komentar