Breaking News

6/recent/ticker-posts

TNI AL dan Royal Australian Navy Bahas MOWG Tahun 2022

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Jakarta — Dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Royal Australian Navy membahas kerja sama bilateral Maritime Operation Working Group (MOWG) tahun 2022 secara virtual, bertempat di Hotel Santika Siligita Nusa Dua, Bali, Selasa, (22/03).

Kegiatan MOWG diawali dengan Staff Meeting virtual oleh para staff yang dipimpin oleh Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Robert Marpaung dan CMDR Paul Welch, Deputy Director NIE – Asia Pacific pada hari Senin (21/03) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Wakil Asisten Operasi Kasal Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono didampingi Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Robert Marpaung beserta para Perwira Staf. Sedangkan pihak RAN bertindak selaku HoD adalah Commodore Michael Harris OAM, Director General Maritime Operations, Fleet Command Royal Australian Navy.

Laksamana Pertama TNI Wasis pada pembukaan MOWG menyampaikan bahwa TNI AL dan RAN memiliki kerja sama diberbagai bidang dan telah terjalin sejak dulu. “TNI AL dan RAN telah melaksanakan kerja sama maritim berupa latihan dan patroli bersama. TNI AL berharap agar hubungan kerja sama antar kedua Angkatan Laut dapat semakin meningkat kedepannya,” tuturnya. 

MOWG ini membahas agenda kegiatan di tahun 2020-2021 yakni, review action items hasil pertemuan MOWG sebelumnya, serta rencana kerja sama bidang operasi dan latihan antara TNI AL dan RAN.

Sebagai wujud peningkatan kerja sama, kedua angkatan laut akan melaksanakan gelar kekuatan berupa latihan bersama New Horizon dan Cassowary Exercise, serta Australia-Indonesia Coordinated Patrol (AUSINDO CORPAT).

Forum ini merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam Rapat Pimpinan TNI AL 2022 yaitu meningkatkan diplomasi TNI AL sekaligus membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional khususnya dalam bidang latihan sesuai program prioritas Kasal.

#Jalesveva Jayamahe

Posting Komentar

0 Komentar