Breaking News

6/recent/ticker-posts

MENGASAH KETERAMPILAN, ANGGOTA POLRES DOMPU LAKSANAKAN SIMULASI PELATIHAN DALMAS

Gambar : Personil Polres Dompu simulasi unjuk rasa

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB DOMPU — Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan Personil Polres Dompu laksanakan latihan Pengendalian Massa (Dalmas) di halaman Mako Polres Dompu, Jum’at (14/01//22) sekitar pukul 09.00 Wita.

Pelatihan tersebut di pimpin langsung Kasat samapta Polres Dompu AKP Balok Suswantoro. 

Menurut Balok Suswantoro giat ini di lakukan guna mengasah kemampuan dalam pengendalian massa, dan menambah kemahiran dalam melaksanakan tugas Polri sesuai peran dan fungsi dalmas. Ucapnya.

Adapun materi yang disampaikan seputar gerakan dan teknik dalam pengendalian massa dan Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerakan Dalmas serta bentuk kesiapan dalam mengatasi demonstrasi atau unjuk rasa yang membutuhkan upaya penanganan lebih lanjut. 

Dalam latihan tersebut kendaraan water cannon juga digunakan tergantung dari peningkatan eskalasi massa yang terjadi di lapangan. Jelasnya.

Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat.SIK melalui kasi Humas IPDA Achmad Marzuki mengatakan, bahwa Latihan ini rutin dilaksanakan, guna membiasakan Personil dengan protap yang benar, sehingga mampu dan sigap serta dapat tampil profesional dalam menghadapi massa yang melakukan aksi demonstrasi maupun kondisi tertentu yang akan terjadi.

Lebih jauh ia sampaikan, kekompakan personel dalam formasi teknik dalmas sangat penting dilakukan melalui latihan ini, sehingga dapat terbentuk kerjasama dan mental yang baik agar nantinya semakin profesional dalam menjalankan tugas kepolisian di lapangan.

"Kita berharap dengan latihan yang rutin akan terbentuk disiplin dan profesionalitas Personil Polres Dompu dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian kedepan,” ujarnya.

Hal ini menjadi tugas personel Kepolisian untuk terus siap siaga dalam mengatasi segala bentuk ancaman dan kerawanan gangguan kamtibmas, yang mana salah satu nya adalah dengan rutin melaksanakan pelatihan kemampuan seperti ini,” imbuhnya.

Pengendalian Massa (Dalmas) adalah salah satu tugas pokok Polri khususnya Satsamapta dalam rangka melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat yang melaksanakan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum.tandasnya.

Selain itu kata Suswantoro kegiatan simulasi ini di hajatkan untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan kesiap-siagaan kita dalam menghadapi unjuk rasa yang di lakukan oleh kelompok mansyarakat serta ancaman dan gangguan Kamtibmas lainya. Pungkas.

#Ridwan Dodo

Posting Komentar

0 Komentar