Breaking News

6/recent/ticker-posts

GEMPA MAGNITUDO 6,7 SR GUNCANGKAN BEBEBRAPA WILAYAH DI INDONESIA, AKIBAT AKTIVITAS SUBDUKSI

Dok. BMKG

TARUNAGLOBALNEWS.COM

BANTEN — Gempa Bumi terjadi pada Jumat, 14 Januari 2022 dirasakan di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bandar Lampung . Dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa pada hari ini telah terjadi Gempa Bumi pada pukul 16:05:41 WIB. Menurut data BMKG, gempa bumi tersebut memiliki kekuatan magnitudo 6,7 SR dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut, berpusat di Sumur Pandeglang Banten, koordinat :7.01 LS, 105.25 BT (52 km Barat Daya Sumur-Banten). Gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi tsunami, namun Getaran gempa cukup besar dan dirasakan hingga ke wilayah di Provinsi DKI Jakarta, Jawabarat, Lampung. 

Saat terjadi getaran gempa, warga  sempat panik dan keluar  Gedung perkantoran sembari meneriaki warga yang lain “ada gempa, ada gempa”, Media sosial pun langsung dihebohkan dengan status-status bahwa telah terjadi gempa ddan pusatnya berada di wilayah Provinsi Banten.

BMKG mengimbau serta menyarankan agar seluruh warga berhati-hati terhadap gempa susulan.

“Saran BMKG, hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis himbauan BMKG pada akun Twitternya.

Disusul dengan keterangan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan guncangan gempa yang berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten merupakan gempa dangkal akibat aktivitas subduksi.

#Sapari. SE. M.Si

Posting Komentar

0 Komentar