Breaking News

6/recent/ticker-posts

KSJ 56 Desa Di Kukuhkan Kapolres Batu Bara

Tarunaglobalnews.com

BATU BARA - Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan, SH. MH., pendiri sekaligus pembina utama Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) kembali kukuhkan sebanyak 56 Desa di 5 Kecamatan pada Jum’at,(23/7/21). Di halaman Mapolsek Labuhan Ruku, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Pada tanggal 16 Agustus 2021 mendatang KSJ genap berusia dua tahun. Sesuai Peraturan Menteri Sosial RI No 184 tahun 2011 Komunitas Sedekah Jum'at KSJ merupakan Lembaga Kesejahteraan Sosial atau Organisasi Sosial yang ditetapkan dengan badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM No. AHU/0015990.AH.01.04 Tahun 2019 tertanggal 30 Oktober 2019.

KSJ didirikan oleh tokoh masyarakat dari Medan Utara Saharuddin bersama sejumlah sahabat diantaranya Agus Leo, Amsaluddin, Iwan Sahputra, dan lainya karena ter inspirasi dari sosok anggota Polri AKBP Ikhwan SH.MH yang memberi sedekah disetiap hari jum'at kepada kaum duafa dan anak yatim piatu.

Sebagai Organisasi Sosial KSJ telah membentuk kepengurusan di tingkat Pusat, 3 Provinsi, 25 Kabupaten dan Kota serta Kecamatan nya dengan fungsi disetiap jum'at melakukan pelayanan sosial bagi kaum duafa (masyarakat miskin) keterlantaran anak (anak yatim piatu), lanjut usia dan penyandang disabilitas dengan bantuan sembako atau sejenis nya bantuan kursi roda, pelayanan kesehatan termasuk rehabilitasi rumah tidak layak huni.

KSJ memiliki tujuan mulia serta menginsipirasi banyak orang pada hari ini tercatat sebanyak 56 Desa dari 5 Kecematan di Kabupaten Batu Bara kini turut berpartisipasi dalam mewujudkan visi - misi KSJ dengan kepengurusan sebagai berikut.

1. Kepengurusan Kecamatan Talawi, Umar ketua Desa Indrayaman, M. Arifin Dano ketua Desa Mesjid Lama, Efendi ketua Desa Dahari Selebar, Ishak ketua Desa Dahari Indah, Ismail ketua Kelurahan Labuhan Ruku, Suhaimi ketua Desa Padang Genting, Melda Anita T, ketua Desa Panjang, Amrin Panahatan ketua Desa Gunung Rante, Khairul Azmi ketua Desa Pahang dan MHD. Fadli ketua Desa Benteng.

2. Kepengurusan Kecamatan Datuk Tanah Datar, Juliani ketua Desa Sei Muka, Sudirman ketua Desa Sumber Tani, M. Afizam Desa Binjai Baru, Miswayudi ketua Desa Bangun Sari, Suwono ketua Desa Mekar Baru, Syahri Suseno ketua Desa Perk. Tanah Datar, M. Amin ketua Desa Karang Baru, Adi Gunawan ketua Desa Perkebunan Petatal, Akbar ketua Desa Petatal, Sarwoto ketua Desa Gelugur Makmur.

3. Kepengurus Kecamatan Tanjung Tiram, Khairul Muklis ketua Kelurahan Tanjung Tiram, Asnidar ketua Kampung Lalang, Parul Rozi ketua Desa Suka Jaya, Indra Gunawan ketua Desa Suka Maju, Asmusi ketua Kelurahan Bagan Area, Syamsul ketua Desa Pahlawan, Zulkifli ketua Desa Bogak, Sub Miswan ketua Desa Bandar Rahmat, Drs. Zulkifli ketua Desa Bagan Dalam dan Idris ketua Desa Guntung.

4. Kepengurusan Kecamatan Nibung Hangus, Burhanuddin Sinaga Ketua Desa Sei Mataram, Agus Salim ketua Desa Tanjung Mulia, MHD. Yaman ketua Desa Jati Mulia, Budi ketua Desa Pematang Rambai, Benyamin ketua Desa Bagan Baru, Pinda Wati ketua Desa Kapal Merah, Rofi ketua Desa Tali Air Permai, Fahrul Rodi ketua Desa Lima Laras, Idris Susanto ketua Desa Sentang, Ridwan ketua Desa Mekar Laras, Juli ketua Desa Ujung Kubu dan Melur ketua Desa Bandar sono.

5. Kepengurusan Kecamatan Sei Balai, Hariadi ketua Desa Durian, Erwin ketua Desa Perjuangan, Sugiat ketua Desa Benteng Jaya, Paimin ketua Desa Perk. Sei Balai, Elvis ketua Desa Sei Balai, Marmin ketua Desa Tanah Timbul, Bimbang Suheranto ketua Desa Mekar Baru, Romansa ketua Desa Mekar Mulio, Ramelan ketua Desa Sidomulio, Ucok ketua Desa Kwala Sikasim, Khairul Anwar ketua Desa Sei Bejangkar, Anwar Syahputra ketua Desa Suka Ramai, Saltut ketua Desa Suko Rejo dan Amran ketua Desa Perk. Sei Bejangkar.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan SH. MH. berharap dengan di kukuhkannya 56 Desa dari 5 Kecamatan dapat bersinergi dengan Pemerintahan Kabupaten Batu Bara, TNI dan Polri serta seluruh lapisan masyarakat dalam membangun ekonomi terutama para kaum dhuafa dan anak yatim piatu.

Harapan kami dengan di kukuhkannya 56 Desa ini KSJ bersinergi dengan Pemkab, TNI, POLRI seluruh lapisan masyarakat, yang intinya dengan besarnya KSJ ini saya harapkan juga nanti juga ada KSJ Dusun di Desa, supaya masyarakat yang kaum dhuafa dan anak yatim piatu bisa terbantu dan ini memang program pemerintah, Ujar Kapolres.

Lebih lanjut Ketua KSJ Sumut, Saharuddin, menyampaikan bahwa komunitas yang didirikan oleh AKBP Ikhwan Lubis (Kapolres Batu Bara) rencananya akan membangun Kampung Sedekah dan diluncurkan pada 20 Agustus 2021.

Konsepnya adalah membantu anak yatim dan fakir miskin bisa lebih produktif. Kita siapkan latihannya, mulai dari pelatihan kerja, pengelolaan UKM, pertanian, dan lainnya, kata Saharuddin.

Sementara itu, Sudirman Kepala Desa Sumber Tani sekaligus ketua KSJ Desa Sumber Tani kecamatan Datuk Tanah Datar yang baru saja dikukuhkan langsung oleh pembina KSJ Kapolres Batu Bara mengungkapkan ketertarikannya ikut berpartisipasi dalam komunitas sedekah jum’at karena seluruh kegiatan - kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan bersosial yang positif sesuai syariat Agama Islam.

Ini KSJ (komunitas sedekah jum’at) sifatnya adalah pekerjaan sosial, kemudian kita dalam islam kita di anjurkan dan di wajibkan agar kita berbagi rezeki sehingga para anak yatim dan kaum dhuafa nanti bisa menikmati hasil rezeki yang kita dapatkan, Ungkapnya. (Ril-Red)

Wartawan : Herman Pelani 

Posting Komentar

0 Komentar