Breaking News

6/recent/ticker-posts

PEMBENTUKAN KOPERASI DPW IWO INDONESIA SUMUT SEKTOR RIIL MENDAPAT ATENSI

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Medan — Salah satu tujuan didirikan Koperasi IWOI Sumatera Utara di Medan, untuk membangun kegiatan yang dapat memberi bermanfaat bagi anggota dan lebih menitikberatkan pada sektor riil.

Lahirnya gagasan mendirikan Koperasi IWOI Sumut oleh Tan David Sulaiman SH, Ratno SH, MM, Drs Bahrumsyah MM, Dedy Rinaldi, Hariaty Panggabean, Yudha, Ahai Winardi, Marry, Manahan Sitanggang, Sunaryo, Sehat Sembiring, optimis dapat menjadi spirit baru.

Serta dapat menjadi edukasi dan motivasi bagi semua anggota koperasi. Baik sektor simpan pinjam, produsen, pemasaran, konsumen, dan jasa.

Demikian dikatakan Ketua DPW Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) Ratno SH, MM didampingi sejumlah pengurus saat membuka kegiatan sosialisasi dan penyuluhan Koperasi IWOI Sumut, di Hotel Griya Riatur, Medan, Sabtu (26/08/2023) pkl 14.45 Wib.

Dihadapan calon anggota koperasi ia mengajak dan sekaligus mengingatkan agar terus menjalin kekompakan yang solid.

"Diperkirakan sebanyak 13.000 an koperasi yang sudah berbadan hukum di Sumatera Utara, namun terdapat sekitar 4000 an koperasi yang sudah mati suri, dengan beragam penyebab", ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebanyak 77 orang calon anggota koperasi yang mengikuti penyuluhan dan mengisi daftar hadir harus memahami maksud dan tujuan koperasi. 

Saya sangat berharap, jangan ada istilah "Pembukaan sekaligus penutupan" Korupsi. Artinya, koperasi yang kita dirikan ini harus kita jalankan secara bersama -sama dengan anggota secara jelas dan transparan."harapnya.

Karena setiap anggota koperasi akan dikenakan iuran wajib sebagai simpan wajib. Tidak hanya itu, setiap anggota koperasi akan menjadi pemenang polis jaminan keselamatan yakni Asuransi Kecelakaan Diri atau AKD.

"Sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti insiden ataupun meninggal dunia maka pemegang Polis mendapatkan santunan", tegasnya.

Namun demikian, dari 77 calon anggota koperasi yang bukan semuanya dari wartawan tentu akan di seleksi menjadi anggota. Namun demikian semakin banyak jumlah anggota semakin bagus.

Ketua Dewan Pembina dan Penasehat DPW IWOI Sumut, Tan David Sulaiman SH dan Drs Bahrumsyah MM memberi atensi terbentuk koperasi di sektor riil. Sehingga kedepan bisa membuka lapangan kerja melalui UMKM yang dapat dijadikan Entrepreneur baru.

Ditempat yang sama, Ketua DPW IWOI Sumut, Ratno SH, MM menyerahkan sertifikat penghargaan Kepada Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Sumatera Utara sebagai wujud dan terimakasih telah bersedia memberikan penyuluhan bagi calon anggota koperasi IWOI Sumut.

Kepala Dinas Koperasi UMKM provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kasi Puguh Irfan Pamularsih Sukmo Utomo SP, M.SI, didampingi Jusup Pardosi SE dan John Freddy Lumban Raja, SE, mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPW IWOI Sumut khususnya dan seluruh anggota IWOI Sumut pada umumnya.

"Harapan kami koperasi yang terbentuk ini dapat memberi manfaat bagi semua anggota. Secara teknis kami telah menyampaikan bagaimana SOP mendirikan koperasi. Maju dan mundurnya organisasi tentu pengurus inti dan anggota yang dapat memprediksi," ujar Kasi penyuluhan. (Ewi)

Posting Komentar

0 Komentar