Breaking News

6/recent/ticker-posts

Wabup Salurkan Zakat Baznas Deli Serdang

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Deli Serdang — Zakat mempunyai peran sangat penting karena memiliki kontribusi dalam membantu dan mendukung umat yang membutuhkan.

Keberadaan lembaga zakat juga berpeluang mendorong perekonomian, karena zakat dapat dipercaya sebagai sarana untuk mengatasi masalah kemiskinan yang tinggi dengan melaksanakan program zakat produktif.

"Semoga kesadaran umat Islam akan kewajibannya membayar zakat bisa semakin meningkat, sehingga akan banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaat dari zakat tersebut," ucap Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar pada Penyerahan Bantuan kepada Kelompok Tani dan Zakat, Infak dan Sedekah oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang di halaman Balai Penyuluh Pertanian, Desa Baru, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (22/6/2023).

Keberadaan Baznas Deli Serdang sebagai lembaga pemerintah di bawah naungan Kementerian Agama, memiliki program-program unggulan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada pengelolaan zakat yang diselenggarakan secara profesional dan akuntabel serta berorientasi pada kepentingan umat.

Pada kesempatan itu, disalurkan bantuan dari Baznas sebanyak 190 orang, baik bantuan kepada kelompok tani maupun zakat, infak dan sedekah kepada fakir miskin.

"Ini menandakan keberadaan Baznas telah banyak memberi kontribusi dan manfaat bagi masyarakat. Saya berharap bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan bisa membuat lebih mandiri serta mengubah status dari penerima menjadi pemberi zakat," harap Wabup.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, tegas Wabup, akan terus memberikan dukungan dalam memaksimalkan potensi-potensi zakat di Kabupaten Deli Serdang, terutama zakat profesi dari jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Deli Serdang. 

Salah seorang penerima zakat, Rahmat Siregar memberi apresiasi kepada Baznas dan Pemkab Deli Serdang atas penyaluran zakat tersebut. "Terima kasih atas kebaikan dan kepedulian Baznas dan Pemkab Deli Serdang. Mudah-mudahan hari jadi ke-77 ini, Kabupaten Deli Serdang bisa semakin maju dan sejahtera," ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya Putra dalam laporannya menyampaikan penyaluran zakat tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Hari Jadi ke-77 Kabupaten Deli Serdang.

"Selain penyaluran zakat, kita lakukan juga penyerahan bantuan biaya pertanian, bantuan alat pertanian, bantuan kepada pengumpul zakat, dan lainnya. Baznas ditugasi untuk menghimpun dana zakat dan menyalurkannya. Penerima bantuan dari warga Kecamatan Batang Kuis dan Tanjung Morawa," jelasnya.

Dana zakat yang dihimpun, sambung H Surya Putra, berasal dari ASN Pemkab Deli Serdang. Dasar pengumpulan zakat profesi ASN tersebut berdasarkan Instruksi Bupati.

Untuk diketahui, penerima zakat pada acara itu sebanyak 190 orang, terdiri dari penerima zakat dari Baznas Deli Serdang sebanyak 150 orang (75 orang dari Kecamatan Batang Kuis dan 75 lainnya dari Kecamatan Tanjung Morawa). 

Sisanya, 40 penerima zakat lainnya merupakan warga Desa Baru, Kecamatan Batang Kuis. Zakat yang diberikan berasal daei Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Nurul Jihad, Desa Baru Kecamatan Batang Kuis.

Hadir pula di acara, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Deli Serdang, Andi Widiya Laksana S.Kom MM; Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol), Drs Zainal Abidin Hutagalung; Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Eko Sapriadi S.Sos; Camat Batang Kuis, Nasib Solichin SPd MAP; Camat Tanjung Morawa, Rio Laka Dewa SSTP MAP; Camat Pagar Merbau, H Ibnu Hajar Sos SPd; Kapolsek Batang Kuis, AKP Syahrizal; Danramil Batang Kuis, Kapten Inf AT Panjaitan; kepala desa Kecamatan Batang Kuis; dan lainnya. (Ewi)

Posting Komentar

0 Komentar