Breaking News

6/recent/ticker-posts

Hindari Kontaminasi Narkotika, Lapas Dompu Laksanakan Tes Urine Kepada Pegawai Keamanan

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Untuk Terciptanya keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu merupakan syarat utama terselenggaranya pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan yang zero Narkoba. Kepala Lapas dan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas memberikan penguatan terhadap Petugas Anggota Jaga terkait Tugas Pokok dan Fungsi Pengamanan.

Bertempat di Aula Lapas, Kalapas Halik mengintruksikan kepada seluruh jajaran pengamanan untuk senantiasa mengikuti dan melaksanakan tugas sesuai SOP yang berlaku. 

"ia menjelaskan beberapa peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemasyarakatan, diantaranya Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Menkumham RI No. 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara,"ungkapnya. 

Selain itu, kata Kalapas Dompu, ancaman lain yang juga harus diwaspadai adalah terkait dengan informasi yang beredar di media sosial. Petugas Pengamanan Lapas harus bisa memastikan kebenaran informasi yang beredar di sosial media tersebut agar tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban.

Disampaikan juga bahwasanya berpedoman dengan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju diharapkan agar seluruh petugas pengamanan Back to Basic, dalam arti seluruh Petugas Pemasyarakatan merupakan Petugas Pengamanan supaya menciptakan suasana yang aman dan kondusif didalam Lapas. 

Di tambahkan Kalapas bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari Arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang 3 Kunci Pemasyarakatan Maju (3 + 1) dan Surat Edaran Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : ITJ.OT.02.01–03 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dan Prekursor Narkotika (P4GN) di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

“Kami berupaya penuh untuk memerangi narkoba, diawali dulu dari petugas-petugasnya harus bersih, agar dapat melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap para Warga Binaan Pemasyrakatan (WBP) yang ada di dalam lapas dengan baik, ibarat kita menyapu lantai tak mungkin lantai bisa bersih kalau Sapu itu masih kotor. tuturnya.

Setelah menggelar Penguatan Tugas dan Fungsi Pengamanan, dilaksanakannya tes urine kepada Pejabat Struktural dan Seluruh Petugas Pengamanan. Tes urine dilakukan oleh Petugas Perawatan Klinik Pratama Lapas Kelas IIB Dompu, yang bertempat Ruang Klinik Lapas Dompu berjalan aman dan kondusif,pungkas Kalapas Dompu via staf humas nya. (Rdw/Dodo)

Posting Komentar

0 Komentar