Breaking News

6/recent/ticker-posts

Panitia Mersombuh Sihol Pomparan Simataraja Raja Simarmata Pematang Siantar -Simalungun Audiensi Dengan Bupati Simalungun

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Simalungun — Panitia acara 'Marsombuh Sihol' pomparan Simataraja Raja Simarmata, boru, bere dan ibebere Pematang Siantar- Simalungun beraudiensi dengan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, Selasa (16/05/2023) di rumah dinas Bupati, di Pematang Raya.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Thomas Saragih menjelaskan bahwa tujuan audensi adalah untuk menyampaikan adanya rencana pesta Marsombuh Sihol Pomparan Simataraja Raja Simarmata, boru, bere, ibebere/panogolan Siantar-Simalungun, serta mengundang Bupati Simalungun untuk hadir di acara tersebut.

"Acara akan digelar di lapangan adam malik Pematang Siantar, pada hari Minggu (9/07/ 2023)," kata Thomas.

Ketua DPW Simataraja Raja Simarmata Siantar-Simalungun, Piliaman Simarmata juga menyampaikan bahwa tujuan marsombuh sihol ini adalah sebagai langkah untuk bersilaturahmi semua marga Simarmata, boru, bere dan ibebere yang ada di seluruh Indonesia yang saat ini dituan rumahi oleh Siantar Simalungun.

Samuel Saragih selaku penasehat panitia menjelaskan bahwa selain acara marsombuh sihol, ada juga beberapa rangkaian acara yang sedang berjalan seperti revitalisasi tugu Op Bante Nangnang, bakti sosial donor darah dan Focus Group Discussion tentang sejarah Simarmata.

"Acara puncak nantinya marsombuh sihol,"ujarnya.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Kadis Kesbangpol Aripin Nainggolan menyampaikan sangat mengapresiasi atas kehadiran Panitia Marsombuh Sihol berkunjung ke rumah dinas Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun berharap melalui acara tersebut akan lahir generasi-generasi Simarmata yang nantinya dapat membantu pemerintah Kabupaten Simalungun mewujudkan Simalungun yang sejahtera melalui euntreprener dan masuk di dunia politik.

"Saya akan mengusahakan hadir di acara tersebut karena saya juga adalah selaku boru di keturunan Raja Parna. Jadi akan saya mengusahakan hadir," kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga banyak menyampaikan gambaran dan perkembangan pembangunan serta usaha yang akan dilakukan Pemkab Simalungun kedepan bagaimana agar Kabupaten Simalungun bisa lebih baik dan maju, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat dicapai. 

Sekretaris panitia, Marulam Simarmata mengatakan acara marsombuh sihol akan dihadiri 7 ribu sampai 10 ribu orang dari 8 kecamatan di Kota Pematang Siantar dan 32 Kecamatan dari Kabupaten Simalungun.

"Ada juga perwakilan dari seluruh kabupaten kota di Indonesia. Pengurus DPP yang dari Jakarta juga kabarnya akan hadir memeriahkan acara ini," ujar Marulam.

Sekretaris panitia, Triadil Saragih juga mengungkapkan pada acara tersebut akan diadakan pelantikan pengurus DPW Siantar- Simalungun dan Forum Generasi Simarmata (Forgemsi) Siantar- Simalungun lengkap menggunakan budaya masing masing.

Tampak juga hadir Jeni br Simarmata, Dr Birma Simarmata, Leidin Simarmata, Nelson Simarmata, Hendra Saragih (Pangulu Siporkas), Masdi Saragih (Pangulu Halaotan, serta tokoh pemuda Febrianto Simarmata dari Saribudolok. (Res)

Posting Komentar

0 Komentar