Breaking News

6/recent/ticker-posts

Warga Masyarakat Samosir Rencanakan Peresmian Menara Dan Sopo Partungkoan Raja Silahisabungan Di Dolok Paromasan

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Samosir — Warga masyarakat Samosir khususnya yang bermarga Silalahi sepakat merencanakan peresmian Menara Dan Sopo Partungkoan Raja Silahisabungan Di Dolok Paromasan, Samosir, Sumatera Utara, tanggal 23 - 25 April 2023.

Guna mendapatkan informasi yang lebih detail perihal rencana peresmian Menara dan Sopo Partungkoan Silahisabungan di Dolok Paromasan tersebut, Jumat (21/04/2023), awak media Tarunaglobalnews.com berhasil menemui salah satu tokoh adat bermarga Silalahi untuk dikonfirmasi.

"Dahulu Raja Silahisabungan merupakan anak ketiga dari Tuan Sorbanibanua dari isteri pertama (Nai Antingmalela Boru Pasaribu), Keturunan dari Silahisabungan ada 9 orang dari 3 isteri (Pinta Haomasan Boru ni Raja Nabolon Gelar Sibaso Nabolon (Boru Ni Raja Nai Ambaton), Boru Batanghari/Matanari, dan Boru Similing Iling Boru ni RajaMangarerak)," ucap tokoh adat bermarmarga Silalahi tersebut.

"Diyakini Raja Silahisabungan meninggal dan dikuburkan di Dolok Paromason yang juga dikenal Sebagai Tempat Makam Para Raja Sitolu Hae Horbo (Bius Pangururan) di Samosir, Yaitu (1) Hae Horbonya Sitanggang (Sitanggang, Sigalingging, Malau, Sinurat), (2) Hae Horbonya Naibaho (Naibaho Siahaan, Naibaho Sitangkaraen, Naibaho Sidauruk, Naibaho Hutaparik, Naibaho Siagian), (3) Hae Horbonya Simbolon (Simbolon, Tamba, Silalahi, Nadeak) yg disebut juga turpuk si Opat Ina," tambahnya. 

"Pesta Peresmian Menara & Sopo Partungkoan di lokasi Makam Raja Silahisabungan napinungka ni Anggi doli nami Si Raja Tambun di Dolok Paromasan Desa Lumban Pinggol - Pangururan, Samosir.

Sebagai wujud kecintaan akan leluhur, keturunan Silahisabungan mendirikan Menara 5 tingkat atau Sopo Partukoan di Dolok Paromasan Samosir," pungkasnya.

Tambak Silahisabungan di Dolok paromasan Pangururan ini digagas pembangunannya oleh Anggi Doli Si Raja Tambun/ Anggidoli Tambunan. Sebagai Penggagas Wesly Silalahi S.E, S.H, M.Kn, Muller Silalahi S.E, M.M, Sabam Robertus Silalahi S.E dan yang lainnya, berharap semua pomparan Silahisabungan Jabodetabek turut serta dalam pesta rakyat ini sebagai upaya menghormati leluhur kita sekaligus pulang ke Bonapasogit. Menara Raja Silahisabungan ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru di Samosir dan sebagai bagian upaya pemerintah mendukung Samosir sebagai Bali Baru.

Adapun Rangkaian kegiatan pesta rakyat bolon ini adalah :

1. Tanggal 22 April 2023 ada atraksi paralayang, Lari/Marathon 5 KM dan stand UMKM untuk promosi produk - produk masyarakat Samosir dan Kabupaten lainnya.

2. Tanggal 23 April 2023 Perayaan Paskah sekaligus Peresmian Menara dan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Samosir dilanjutkan dengan makan Bersama (Sulang bao).

3. Tanggal 24 April 2023 Mangalahat Horbo dohot mangkuling ogung sabangunan.

4. Tanggal 25 April 2023 Rapot Bolon dohot Mangallang Sipitu Dai.

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana Bonapasogit, Wadiman Silalahi berharap agar warga perantau dimanapun berada bisa pulang ke kampung halaman sekaligus wisata sejarah leluhur dan melihat keindahan alam di Samosir. 

"Mari kita dukung Pak Jokowi dengan program Samosir sebagai Bali Baru.

Suku atau marga yang besar adalah marga yang mengetahui sejarah dan menghormati tanah leluhur atau berkunjung ke bonapasogit," ucap Wadiman Silalahi.

Menurut Parulian Silalahi ketua Panitia Peresmian Sopo Parsantian Raja Silahisabungan Sejabodetabek akan mengorganisir perantau Pomparan Silahisabungan Jabodetabek meramaikan acara pesta bolon ini.

"Kalau bukan kita siapa lagi? Generasi hebat adalah generasi yang menghargai sejarah, bonapasogit dan leluhurnya," pungkas Parulian Silalahi.

"Ayo Ke Samosir, I LOVE LAKE TOBA AND I LOVE SAMOSIR (PANGURURAN) SUMATERA UTARA"

(Kongli Saragih S.Si/RS)

Posting Komentar

0 Komentar