Breaking News

6/recent/ticker-posts

Upacara Peringatan Hari Jadi Dompu Ke 208 Tahun Berlangsung di Lapangan Beringin Dompu

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Hari Selasa (11/04/2023) bertepatan bulan Ramadhan 1444 H, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu bersama komponen elemen masyarakat bertumpah ruah nan hikmad mengikuti upacara peringatan hari jadi Dompu yang ke 208 (11 April 815-11 April 2023),bertempat di lapangan Beringin Nomor 1 Dompu tepatnya di plataran Kantor Bupati Dompu Kelurahan Doro Tangga Kecamatan Dompu.

Momentum jalanya upacara yang meriah dan bersejarah tersebut tidak di tunjangi dengan alat pengerah suara yang lazim digunakan selama ini, hal ini menyebabkan peserta upacara terutama yang ada di bagian timur tidak begitu konsen mengikuti acara yang historis dan krusial tersebut.

Perhelatan yang sakral tersebut di hadiri oleh Bupati Dompu H.Kader Jaelani sekaligus pemimpin upacara, Wakil Bupati H.Syahrul Pharsan ST.MT, Anggota Forkopimda, Pimpinan DPRD Dompu dan Anggota, Sekda Dompu Gatot Gunawan Putra Perantau Skm.Mkes dan Seluruh Kepala OPD di Lingkup Pemda Dompu, anggota TNI/Polri, Pemuda dan Pelajar serta ratusan tamu undangan lainya.

Upacara Kebanggaan masyarakat Dompu tahun ini di hadiri pula oleh Anggota DPR RI H.Syafruddin, ST Dapil NTB dan sejumlah Bupati/Wali Kota Bima Muhamad Lutfi serta Ir.Ridwansyah selaku pejabat mewakili Gubernur NTB, dan Seluruh peserta upacara menggunakan pakaian adat Daerah Kabupaten sehingga nuansa acara sangat meriah dan penuh hikmad.

Rangkaian acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan di ikuti secara seksama oleh seluruh peserta upacara.

Selanjutnya Bupati Dompu H.Kader Jaelani dalam poin- poin sambutan menyampaikan,puji syukur Kepada Allah SWT Yang senang tiasa mencurahkan Rahmat hidayah-Nya kepada kita semua sehingga hari ini kita dapat bersama-sama mengikuti upacara Hari ulang tahun Kabupaten Dompu yang ke 208 (11 April 2023) dan bertepatan dengan bulan Ramadhan 1444 H berlangsung dengan meriah dan hikmad.

Pasca sesudah Covid-19 kita dapat memperingati hari jadi suatu Daerah secara filosofis dan historis bermakna retrospektif yakni dengan sebuah peringatan hari jadi Kabupaten Dompu.

Mari kita menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan kisah masa lalu pondasi yang amat bernilai sebagai referensi menapaki masa kini dan masa depan.

Sedangkan introspektif menurut AKJ sapaan Kren Bupati Dompu adalah peringatan hari jadi Dompu kita sebagai ajang/kesempatan mawas diri dan koreksi diri.

"Dengan demikian setiap estafe perjalanan hidup ini selalu berarti karena mampu memberikan jawaban atas setiap persolan kekinian serta responsif dengan tantangan di masa depan."

Masih narasi AKJ, sebagai masyarakat Dompu kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari jadi Dompu ke 208 sebagai Magnit inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan di daerah ini dengan karya dan prestasi yang membanggakan bukan sebaliknya prestasi hari biru yang tidak berguna baik untuk diri sendiri, Daerah maupun untuk masyarakat banyak.

"Mari kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja-kerja yang produktif demi mencapai cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih gemilang yakni terwujudnya Dompu Mashur ( mandiri, sejahtera,unggul dan Relegius ), terangkan AKJ dengan optimis.

Sebagai generasi penerus ia mengajak kita semua jadikan sejarah sebagai payung peristiwa penuh makna dan hikmah kemudian jadikan sejarah kehidupan pemerintah dan pembangunan Dompu selama ini untuk kita mematik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan mempunyai warna dan dinamika tersendiri sesuai era keadaan yang sebenarnya, jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Dompu memaparkan,dari semangat kebersamaan dan sinergisitas yang telah kita bangun selama ini memberikan progres yang positif terhadap indikator pembangunan Kabupaten Dompu tahun 2023 di antaranya, pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi di daerah Dompu mengalami pertumbuhan sebesar 1,68 persen sedangkan pada tahun 2022 meningkat menjadi 2,96 persen, indeks pembangunan manusia di tahun 2021 sebesar 68,45 poin dan pada tahun 2022 meningkat menjadi 69,15 poin.

Sedangkan di sektor kesehatan prevelensi stunting tahun 2022, 13 persen, hal ini sangat membaik bila dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 14.5 persen. Sedangkan di bidang pembangunan infrasturktur pelayanan dasar tahun 2022 terus menunjukan perkembangan yang siginifikan dimana jalan dan jembatan terus mengalami peningkatan. Sementara di beberapa bidang lain baik pendidikan, pertanian, Agama, sosial budaya, dan Pariwisita maupun UKM menunjukan trend peningkatan yang sangat signifikan, jelas Bupati.

Di akhir sambutan Bupati Dompu mengingatkan kepada masyarakat semua bahwa gerakan Dompu berjasa (Dompu bersih, hijau dan sehat) yang telah di canangkan dua tahun yang lalu supaya tetap digaungkan kepada seluruh komponen masyarakat sebagai ikhtiar bersama agar masyarakat Kabupaten Dompu terbiasa dengan menjaga kebersihan lingkungan, gemar menanam dan memelihara tanaman serta dapat menjaga kesehatan dengan gemar berolah raga dan melakukan pemeriksaan dini kesehatan, donor darah serta mengkonsumsi makanan yang bergizi, imbuhnya.

Semoga dengan Hari jadi Kabupaten Dompu yang ke 208 tahun ini dan bertepatan dengan tanggal 20 ramadhan 1444 Hijriah mari kita terus termotivasi dan semangat untuk terus beribadah serta selalu di berikan magfirah/kekuatan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan berbagai tugas pembangunan untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Dompu khususnya dan masyarakat NTB pada umumnya, tandas Bupati Dompu.

Kemudian usai memimpin upacara Bupati Dompu H.Kader Jaelani memberikan piagam penghargaan kepada beberapa Kepala OPD yang di nilai berhasil dan berprestasi dalam melaksanakan program selama dua tahun ini.

Setelah itu ia melakukan mengunjungi bazar murah dan prodak UKM yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Dompu.

Selanjutnya sekitar pukul 10.30 Wita Bupati Dompu serta rombongan melaksanakan ziarah ke makam Sultan Sirajuddin MT di sebelah barat mesjid agung Baiturahman Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu dan giat tersebut mulai dari awal upacara sampai akhir berlangsung aman dan kondusif, pungkasnya. (Rdw/Dodo) 

Posting Komentar

0 Komentar