Breaking News

6/recent/ticker-posts

Lapas Dompu Ikuti Webinar APBN Digitalisasi Dan Simpilifikasi Pembayaran

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Dalam rangka menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia digitalisasi dewasa ini, Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah menyelenggarakan Webinar mengusung tema “Digitalisasi dan Simplifikasi Pembayaran dalam Rangka Pelaksanaan APBN Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.05/Tahun 2022”,selasa (28/03/2023) sekitar pukul 10.00 Wita di laksanakan melalui daring.

Acara ini dilaksanakan oleh Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui daring dengan menghadirkan nara sumber Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang I, Farhan Fatnanto. 

Hal ini kata Kalapas Dompu A.Halik dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.05/2022 merupakan pengganti dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 178/PMK.05/2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

"Substansi perubahan dari PMK 210/PMK.05/2022. Perubahan tersebut meliputi 4 hal yaitu Simplifikasi Pelaksanaan Anggaran, Modernisasi Proses Pembayaran, Penyempurnaan Pengaturan Pejabat Perbendaharaan dan Hal-hal lainnya yang menjadi substansi pengaturan, diantaranya Ruang Lingkup, Komposisi dan Amanat Pengaturan",papar Halik dengan gamblang. 

Lebih lanjut ia mengatakan,adapun langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran 2023 diantaranya Meningkatkan kualitas perencanaan, Meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan, Melakukan akselerasi pelaksanaan program/kegiatan/proyek, Melakukan percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa (PBJ), Meningkatkan akurasi dan percepatan penyaluran Dana Bantuan Sosial, Meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja (value for money) serta Meningkatkan monitoring dan evaluasi, terangnya. 

Kegiatan tersebut mulai dari awal sampai akhir berlangsung lancar, aman dan sukses, pungkasnya. (Rdw/Dodo) 

Posting Komentar

0 Komentar