Breaking News

6/recent/ticker-posts

Panwascam Lima Puluh Melaksanakan Test Wawancara Dalam Tahapan Rekrutmen PKD

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Batu Bara — Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lima Puluh melaksanakan test wawancara dalam tahapan rekrutment calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) di Aula The Wans Cafe, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Rabu (01/02/2023).

Sebagai Panitia Pengawas Kecamatan, membutuhkan anggota Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) yang memiliki integritas dan kemampuan untuk menjamin kelancaran dan transparansi pemilu.

Menurut Ketua Panwascam Lima Puluh Ilham Saddam, Spd, calon anggota PKD yang akan diwawancarai. Harus telah memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan pada tahapan adminitrasi yang dilakukan sebelumnya.

Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan pengawasan pemilu, kemampuan calon anggota, dan integritas calon anggota. Sehingga calon anggota PKD memberikan penjelasan tentang pengawasan pemilu dan tugas-tugas yang akan dilakukan selama pemilu, kata Ketua Panwascam Lima Puluh.

Dalam tahapan ini, Panwascam Lima Puluh melakukan test kemampuan dan kompetensi calon anggota PKD melalui pertanyaan yang diajukan. Serta panitia melakukan tes integritas dan kemampuan berkomunikasi calon anggota melalui pertanyaan yang diajukan.

Saya bersama rekan saya Ahmad Safril Daulay dan Ruri Sianipar selaku panitia wawancara melakukan tahapan ini kepada 29 calon anggota PKD, namun 3 diantaranya tidak hadir dalam proses wawancara ini, ujarnya.

Setelah melakukan tahapan tersebut Panwascam Lima Puluh nantinya akan menggelar pleno bersama Bawaslu Kabupaten Batu Bara pada 03 Febuari, kemudian dilanjutkan pada 04 Febuari untuk pengumuman 12 orang yang dinyatakan lolos menajdi anggota PKD.

Dalam pemilu di desa, PKD berperan penting dalam menjamin kelancaran dan transparansi pemilu. Oleh karena itu, pemilihan PKD harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana salah satunya melalui proses wawancara, ungkapnya.

Selain itu dalam kegiatan ini juga tampak hadir perwakilan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, beserta staf dan Bawaslu Kabupaten Batu Bara.

Dari Bawaslu Provinsi Sumatera Utara turut hadir Kabag Adminitrasi Bapak Rudy Junjungan Sirait, beserta staf dan juga hadir Bawaslu Kabupaten Batu Bara melakukan monitoring proses wawancara ini, pungkasnya. (HP)

Posting Komentar

0 Komentar