Breaking News

6/recent/ticker-posts

Koarmada III Menata Desa Katimin Menjadi Kampung Bahari Nusantara

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat Daya — Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny Yuanita Irvansyah, meninjau Hutan Mangrove di Desa Katinim, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong yang akan dipersiapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut. Rabu (14/12/22).

Kampung Bahari Nusantara merupakan program TNI Angkatan Laut, dimana program ini sudah dilaksanakan di seluruh wilayah oleh Panglima atau Komandan Pangkalan di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, dan kali ini dilakukan oleh Koarmada III,"ujar Pangkoarmada III".

Kampung Bahari Nusantara merupakan sinergi TNI Angkatan Laut dengan rakyat. Sinergi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang Kesehatan, Pendidikan, Pariwisata, Ekonomi serta Pertahanan. Harapannya, setelah nanti diresmikan, masyarakat dapat tetap menjaga dan mengembangkan desa ini sebagai Kampung Bahari Nusantara,tentunya dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dan Koarmada III sehingga program ini tetap dan terus berjalan, ungkapnya.

Dengan dicanangkanya Desa Binaan TNI Angkatan Laut(Koarmada III), jika ada informasi-informasi yang merugikan masyarakat dilaut khususnya nelayan, maka masyarakat dapat meneruskan kepada TNI Angkatan Laut,sehingga dapat mengantisipasi dengan cepat baik itu kegiatan illegal maupun kegiatan yang mengganggu masyarakat nelayan.

Disela-sela peninjauan tersebut Pangkoarmada III dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III serta pengurus Jalasenastri Armada III, juga melaksanakan Bakti Sosial dengan menyerahkan bahan kontak berupa sembako yang disambut antusias oleh warga masyarakat sekitar. “kami sangat senang TNI Angkatan Laut datang kesini memperhatikan pembangunan desa kami kata Robert Rio Kalawen seorang nelayan tradisional dan Penihasimi yang merupakan warga asli Papua yang tinggal di Katimin Kabupaten Sorong Papua Barat Daya.

Sementara itu, Lurah Katimin Yermias Malakabu sangat mengapresiasi penetapan Katimin menjadi Kampung Bahari Nusantara oleh TNI Angkatan Laut(Koarmada III), Ia menilai program ini menjadi pemicu untuk membangun kesadaran masyarakat dalam memberdayakan potensi maritim guna mendorong kemajuan Katimin.

Menurut dia, Kampung Bahari Nusantara dengan program di bidang Pariwisata, Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan Pertahanan, dapat sejalan dengan harapan pengembangan Katimin kedepan dan diharapkan desa ini dapat maju dan berkembang serta memicu pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh, pungkasnya.

Pada bagian lain Kepala Dinas Potensi Maritim atau Kadispotmar Koarmada III Kolonel Laut (KH) Ir. Amir Firdausi,mengatakan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan di Desa atau Kelurahan Katimin sebagai Kampung Bahari Nusantara adalah pembangunan Gapura KBN, Rumah Pintar/ Taman Baca, area bermaian anak-anak, jembatan untuk nelayan tradisional dan Wisata Mangrove, dan Karya Bakti di Masjid dan Gereja serta kegiatan yang sedang dilaksanakan penanaman Mangrove.

(Tim/Red/Dispen Koarmada III)

Posting Komentar

0 Komentar