Breaking News

6/recent/ticker-posts

Kalapas II B Dompu, Laksanakan Sosilisasi Mitigasi Kebencanaan Pada WBP

Kalapas Dompu saat memberikan pembinaan kebencanaan pada WBP

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Guna mengantisipasi kebencanaan yang akan terjadi, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu Kanwil Kemenkumham NTB melakukan sosialisasi dan mitigasi bencana gempa bumi demi meminimalisir berbagai resiko apabila terjani bencana alam baik gempa bumi, tanah longsor maupun bencana alam lainnya, rabu (14/12/2022 ) sekitar pukul 08.00 Wita bertempat di lapangan apel Lapas Dompu Desa Nowa Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. 

Sesuai UU 24 Tahun 2007 tentang kebencanaan di mana mitigasi / sosialisasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana alam baik di darat, udara maupun di laut. 

"Mitigasi adalah upaya yang memiliki sejumlah tujuan yakni untuk mengenali risiko, penyadaran akan risiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan utamanya upaya penyelamatan terhadap korban".

Kalapas Dompu H.A.Halik S.sos menjelaskan mitigasi bencana adalah segala upaya mulai dari pencegahan sebelum maupun sesudah bencana terjadi, paparnya.

Terkait penting hal tersebut Lapas Dompu (Pasdom) melakukan simulasi ketika bencana alam, gempa bumi datang mengguncangkan wilayah kita ini dan giat simulasi dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku guna meminimalisir terjadinya hal - hal yang tidak kita inginkan, sehingga pada saat bencana menyapa, seluruh pegawai sudah paham hal apa saja yang harus di lakukan dan langkah apa yang tidak boleh dilakukan.

"Karena gempa bumi dapat terjadi dimana saja dan kapan saja oleh karena itu kesiapsiagaan sangat penting dilakukan. Serta jangan lupa berlatihlah mitigasi gempa yang dikoordinasi oleh tenaga terampil (contoh tenaga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah) secara berkala untuk melatih pengambilan tindakan yang tepat bila musibah tersebut terjadi" jelas Kalapas Dompu dengan tegas.

Diharapkan dengan telah terlaksana kegiatan tersebut, dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh Pegawai, utamanya Regu Pengamanan dalam mengatasi ketika bencana alam, gempa bumi datang menghampiri kita, pungkas Kalapas Dompu. (Rdw/Dodo)

Posting Komentar

0 Komentar