Breaking News

6/recent/ticker-posts

ITB Ahmad Dahlan Jakarta Selenggarakan Seminar Nasional Persiapkan SDM Unggul

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Jakarta — ITB Ahmad Dahlan Jakarta melalui Badan Eksekutif Mahasiswa menggelar seminar nasional pada Selasa (30/11/2022) di Gedung ITB Ahmad Dahlan Jakarta Kampus Ciputat. Seminar mengusung tema Efektivitas Program Pemerintah Pusat Persiapkan SDM Unggul Untuk Menangkan Persaingan Global.

Hadir sebagai pembicara Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si selaku Anggota Komisi X DPR, Drs. Warman Syanudin, MM selaku Kepala dinas koperasi Kota Tangerang Selatan. Uki Masduki, SE., M.Si Kepala prodi manajemen ITB Ahmad Dahlan, dan M. Faishal Rahman sebagai akademisi.

La Ode Zoe Tumada selaku Presiden Mahasiswa BEM ITB Ahmad Dahlan Jakarta menerangkan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa bahwa meningkatkan soft skill dan hard skill sangat lah penting sehingga harus dipersiapkan dari sejak kuliah. 

 “ Di era disrupsi ini semua perubahan terjadi begitu cepat dan menimbulkan tantangan baru, saat ini kita sudah melihat banyak pekerjaan yang digantikan oleh mesin, kita harus terus belajar dan meningkatkan keterampilan agar menjadi SDM yang unggul sehingga tidak tergerus oleh zaman” tutur La Ode Zoe Tumada.

Dalam sesi seminar Hj. Himmatul Aliyah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksakan oleh BEM ITB Ahmad Dahlan. Kegiatan seperti ini harus terus dilanjutkan, mahasiswa harus memiliki spirit yang tinggi untuk melakukan perubahan.

 “ harus disadari sekali bahwa Ideks pembangunan manusia di negara kita masih dibawah rata-rata, teman-teman mahasiswa harus menjadi pelopor dan menjadi partner pemerintah untuk menciptakan SDM yang unggul” Ujar Hj. Himmatul Aliyah

Lebih lanjut Hj.Himmatul Aliyah menegaskan untuk menjadi SDM yang unggul maka mahasiswa harus rajin belajar, melek teknologi, mengikuti berbagai kursus, membaca dan mengikuti berbagai kegiatan yang mampu untuk meningkatkan keterampilan. 

“ mulai dari sekarang kalian sudah harus membuat peta kehidupan mau bagaimana dan mau jadi apa nanti, ini harus dilakukan agar kalian dapat terus meningkatkan kemampuan diri sehingga yang menjadi cita-cita kalian dapat terwujud. ” tutur Hj.Himmatul Aliyah.

Selain mengisi seminar, Hj. Himmatul Aliyah juga menyerahkan secara simbolis Beasiswa KIP-Kuliah Usulan Masyarakat kepada mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa tersebut. Ia berharap dengan adanya beasiswa ini dapat membantu meringankan biaya selama kuliah dan menjadi motivasi untuk menjadi generasi yang hebat dan unggul.

Warman Syanudin dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa ketahanan ekonomi dan kemandirian ekonomi juga jelas penting sebagai salah satu sarana menyiapkan SDM unggul. 

“jadilah mahasiswa yang kreatif dan inovatif serta mahasiswa yang resah, keresahan akan mampu mendorong seserorang untuk terus berpikir, dari sinilah kreatifitas dan inovasi dapat muncul dan akan menciptakan sebuah peluang bisnis” ujar Warman Syanudin.

Selain itu, M. Faishal Rahman menjelaskan "Untuk menjadi SDM uang unggul maka sangat penting untuk memiliki mindset yang terbuka tidak menolak perubahan dan perkembangan" ungkap M. Faishal Rahman.

Di akhir materi seminar Uki Masduki menyampaikan bahwa mempersiapkan diri untuk menjadi pribadi yang excellent sama halnya dengan mempersiapkan kejayaan. 

"menjadi SDM yang unggul mebutuhkan fokus yang tinggi, mebutuhkan waktu, tenaga, pikiran bahkan uang yang lebih ekstra. Tetapi dengan keterampilan yang kita miliki akan dapat merubah status, pendapatan serta jabatan yang lebih baik di masa yang akan datang” Ujar Uki Masduki. (Sapari)

Posting Komentar

0 Komentar