Breaking News

6/recent/ticker-posts

Edy Rahmayadi Hadiri Pagelaran Seni Budaya Simalungun "Marsombuh Sihol" Di Kota Tebing Tinggi

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Tebing Tinggi — Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Pagelaran Seni Budaya Simalungun Marsombuh Sihol (Temu Kangen) di Kota Tebing Tinggi, Yang diselenggarakan di Gedung Olah Raga Asber Nasution, Jl. Gunung Lauser, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Sabtu (3/12/2022)

Pagelaran Seni Budaya Simalungun Kota Tebing Tinggi yang dimulai pada pukul 15.00 WIB s.d 18.00 WIB dihadiri oleh ribuan warga Simalungun. 

Kegiatan ini diprakarsai oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Tebing Tinggi yang diketuai oleh Iman Irdian Saragih S.E.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam Kata Sambutannya mengatakan "Simalungun merupakan salah satu paguyuban yang besar di Provinsi Sumatera Utara" ungkapnya.

"Bila perlu kedepan akan saya siapkan tempat untuk mengadakan acara yang seperti ini di Kota Medan" ungkapnya.

Pada akhir kata sambutannya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan "Saya akan berusaha setiap kegiatan Simalungun saya akan hadir" pungkasnya.

Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi S.Sos, M.TP yang turut hadir mendampingi Gubernur Sumatera Utara dalam kata sambutannya mengatakan "Kegiatan ini merupakan salah satu Budaya Simalungun yang harus terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Kota Tebing Tinggi khususnya etnis Simalungun" ungkapnya.

Muhammad Dimiyathi juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara karena Jalan Provinsi yang ada di Kota Tebing Tinggi yang selama ini dikeluhkan oleh warga Tebing Tinggi telah selesai diperbaiki " pungkasnya.

Marsiaman Saragih selaku Ketua Umum DPP PMS yang juga sebagai anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan periode 2019 s.d 2024 mengatakan "Jejak langkah orang Simalungun itu ada di Kota Tebing Tinggi" ungkapnya.

"Tidak hanya di Kota Tebing Tinggi, Jejak langkah orang Simalungun juga ada di Kabupaten Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Deli Serdang dan Kota Medan" ungkapnya.  

Selanjutnya Iman Irdian Saragih S.E selaku Ketua DPC PMS Kota Tebing Tinggi mengatakan "Kota Tebing Tinggi pendirinya adalah orang Simalungun dan Melayu. Sebagai contoh Terminal Bandar Kajum yang ada di Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan adalah bernama Datuk Bandar Kajum Damanik" ungkapnya.

"Sebelum Datuk Bandar Kajum Damanik datang ke Kota Tebing Tinggi sudah ada Kerajaan Negeri Padang yang asal usulnya juga adalah orang Simalungun bermarga Saragih Garingging" ungkapnya.

Dalam akhir kata sambutannya Iman Irdian Saragih S.E mengajak warga Simalungun bersatu "Hita Do Simada Talun, Hita do Ginoran Sipukka Huta in, Anggo Lang Hita Ise Nari" pungkasnya. 

Turut Hadir dalam Pagelaran Seni Budaya Simalungun tersebut masing - masing utusan perwakilan dari Kabupaten Serdang Bedagai, Batubara, Simalungun dan unsur Forkofimda Kota Tebing Tinggi. (Kongli Saragih S.Si)

Posting Komentar

0 Komentar