Breaking News

6/recent/ticker-posts

SEKARANG JAMAN EDAN ORANG GILA DIMANA MANA

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Catatan wong edan : KP Norman Hadinegoro,SE.MM.

Serat Prabu Jayabaya beberapa abad yang silam ialah abad 16 meng inspirasi kehidupan dan tata nilai kita yang semakin tergeser oleh nafsu serakah. 

Yang sehatpum pada nggaragas ialah nafsu serakah. KP Norman Hadinegoro mengingatkan pesan leluhur kepada generasi Melinial .

Pepatah jawa:

"Pancen wolak-waliking jaman..amenangi jaman edan nek ora edan ora kumanan 

sing waras padha nggragas...wong tani padha ditaleni..wong dora padha ura-ura 

beja-bejane sing lali,..isih beja kang eling lan waspadha"

Terjemahan dalam Bahasa Indonesianya...

"Sungguh zaman sudah terbolak balik..memasuki zaman gila..

kalo tidak ikut gila tidak dapat bagian..yang sehat pada serakah....para petani dibelenggu..para penipu/pembohong pada bersuka ria..

Seberuntung beruntungnya orang yang lupa masih beruntung yang Ingat dan Waspada "

Ungkapan tersebut satu buah pikiran Prabu Jayabaya dalam Jangka Jayabaya yaitu prediksi masa depan Nusantara, Ungkapan tertulis sejak abad 16 silam.

Asal Usul utama serat jangka Jayabaya dapat dilihat pada kitab Musasar yang digubah oleh Sunan Giri Prapen. 

Sekalipun banyak keraguan keaslianya tapi sangat jelas bunyi bait pertama kitab Musasar yg menuliskan bahwasanya Jayabayalah yang membuat ramalan-ramalan tersebut.

Bila kita terapkan yang terjadi sekarang, sepertinya sangat relevan banget bahkan pas wal klop malkotlop. 

Jaman yang katanya modern era digital dan super canggih ini tidak di imbangi dengan Akhlak dan moral yang baik, maka yang terjadi adalah ketimpangan yang memprihatinkan.

Dalam maksud "Amenangi Jaman Edan" ( menemui/memasuki Jaman Edan) adalah jaman dimana kewarasan akhlak dan moral terkesampingkan oleh tuntutan jaman, bagi yg tidak bsa mengikuti dikatakan Katrok, Ndeso, Kamseupay, kampungan, bulukan, payahhh.....dan beribu umpatan yang terkesan rendah....

Budaya sopan santun hanya tertata rapi sebatas tulisan... 

Anak anak milenial dijejali dengan teknologi digital yang tidak karuan, adab sopan santun dan budi pekerti sebatas dongengan...itupun kalo sempat ndongengke..

Dalam dunia pendidikan searang Pengajaran etika, adab dan Agama jatah jamnya kalah jauh dengan pelajaran2 lainnya yang dianggap relevan dengan Teknologi Modern..

Pelajaran-pelajaran hanya mengandalkan kecerdasan otak tanpa di imbangi kecerdasan roso hati dan spiritual...

Maka yang terjadi adalah terciptanya mayat mayat hidup yang tidak punya hati..., kebejatan, kemaksiyatan, premanisme, malingisme, rampokisme, dan bobroknya moral tumbuh subur di mana-mana bukan saja di kalangan rakyat kecil bahkan di kalangan oknum oknum pejabat lebih parah lagi.

Hukum layaknya barang loakan yang dipasarkan oleh oknum penegak-penegak hukum, dijual belikan pasal demi pasalnya....

" Hla memang jamannya harus mesti begitu og mbah... mereka-mereka itu nampaknya saja waras mbah.....tapi jiwanya sebenere pada sakit mbah..."

" Sakit piye tow le....?"

" Hla ndak sakit gmana tow mbah....hla wong mereka itu kan sebenere tau mana yang salah mana yang bener..... mana yang layak dan mana yang tidak...mana yang baik dan mana yang buruk ... kalo mereka pada punya hati pada ngrumangsani dan sehat jiwanya..pasti ndak bakalan nglakukan yang salah, yang ndak layak, yang ndak bener.... hla nyatanya,,,,,,,?????...ya tow Mbah..."

" Iyow le....denganren utekmu mlethik rodo normal gitu..le...heheh..."

" Owalah mbahh....biar saya ini Tukang petani, tukang ojek ,,tapi saya berusaha jujur dan pakek hati mbah....pasang tarif ya sesuai, ndak pengduli itu wonge kaya atau kere,,nganterke penumpang yo pas sampek tujuan, bahkan kemaren si Painem pembantune Juragan Tahu Tempe yang semlohek itu ngojek saya dan uange ternyata kurang aja .. malah tak gratisin kok mbah......wuichh...swenenge poll mbahh..langsung mlangkring nggemblok...nyikep sisan...qiqiqiq......empuk mbahh.......

" Hladalahhh.....dasar utekmu..utek mesum lee..... rumangsamu simbah ndak gelem pow....???"

Dan juga di dunia wong tani yang notabene pemenuh kebutuhan pangan papan rakyat banyak wae seringkali dipermainkan...jerih payahnya ndak di hargai yang sepadan.... 

tengkulak-tengulak mbeling berkeliaran nimbun hasil pertanian..untuk dijual lebih berpuluh kali lipat dari harga belinya.....

Hla kalo petani pada mutung ndak mau bertani....lakyo malah tambah nyengsarake orang banyak tow... kebutuhan-kebutuhan pokok harus ngimport dari negara lain dan so pasti hargane lakyo melambung koyo plendungan tow....

Mangka dari itu...biarlah yang ngedan tetep ngedan mempertaruhkan kewarasannya... dan kita-kita yang rumongso waras ya jangan ngikut edan..jangan khawatir dan takut kalo ndak kebagian..

"Kolak waloh bubur candil......Gusti Alloh Maha Adil..."., Dan memang bener ungkapan pada kata-kata terakhir itu...

" Sak beja-bejane sing lali,..isih beja kang eling lan waspadha"

Seberuntung beruntungnya orang yang lupa masih beruntung yang Ingat dan Waspada "

KP Norman Hadinegoro adalah pemerhati budaya adiluhung. (**)

Posting Komentar

0 Komentar