Breaking News

6/recent/ticker-posts

DBS Gelar Peringatan Hari Bambu Nasional, Sekdis PU Hadir Dalam Kegiatan

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Caringin Sukabumi — Bertempat di Kampung Cisitu, Desa Sukamulya Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. Berlangsung Kegiatan Peringatan Hari Bambu Nasional, pada Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08:00 Wib, yang dibuka langsung Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri.

Tampak hadir pula Sekdis PU Binamarga Kabupaten Sukabumi Yudi Sukandar ST.MT, dan beberapa perwakilan dari Dinas Kabupaten Sukabumi lainnya, Mahasiswa baik dari Sukabumi maupun dari negara negara lainnya, seperti dari Vietnam, Yaman, Sudan dan Peru. Dari perwakilan siswa SMK Wiguna dan tamu undangan lainnya.

Helat sendiri yang diinisiasi oleh DBS (Dunia Bambu Sukabumi) Kabupaten Sukabumi, yang di ketua oleh R Agus Ramdhan.

Ada pelatihan anyaman bambu terhadap anak sekolah dan para Mahasiswa, penanaman bambu yang dipimpin langsung Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri dan seluruh tamu undangan, di sekitaran kegiatan peringatan. Termasuk pula penandatanganan Deklarasi hari bambu nasional oleh semua tamu undangan yang hadir termasuk juga dilakukan oleh Wakil Bupati Sukabumi. Ada pula penampilan seni tari ronggeng milenial yang ditampilkan oleh  salah satu Mahasiswa, yang merupakan rangkaian dari kegiatan tersebut. 

Ketua DBS Kabupaten Sukabumi, R Agus Ramdhan, saat diwawancarai Awak Media onenewsoke.com menjelaskan, "Kami dari DBS Kabupaten, di kegiatan yang kami selenggarakan ini, selain wujud peduli terhadap kelestarian tumbuhan bambu itu sendiri, kita juga mencoba bambu ini menjadi salah satu produk unggulan yang menjadi nilai tambah ekonomi masyarakat lokal nantinya. Bahkan tujuan kami juga para pengrajin bambu nantinya bisa dikenal atas kepiawaiannya menganyam bambu, bukan hanya di Indonesia akan tetapi ditingkat Internasional,"ungkapnya.

Selain itu, Agus juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan juga pemerintah, untuk senantiasa menjaga dan merawat atas keberlangsungan pohon bambu tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PU Binamarga Kabupaten Sukabumi Asep Japar, yang diwakili Sekretaris Dinasnya Yudi Sukandar ST.MT, dirinya menjelaskan hubungan antara bambu dengan PU Kabupaten Sukabumi .

"Perlu diketahui bersama, suatu kegiatan yang dimulai dari informasi, investigasi monitoring dan pelaksanaan kegiatan di lapangan, ini yang biasa dikerjakan oleh dinas PU itu sendiri. Kemudian, kaitannya kegiatan hari bambu dengan PU itu sendiri, ternyata ada hubungan yang sangat erat antara bambu dengan Dinas PU. Contohnya pasang pagar rumah pakai bambu, membuat patok patok bangunan, tangga buat alat di pekerjaan bangunan juga pakai bambu dan lainnya, itu bagian dari pekerjaan umum dari Dinas PU,"ungkapnya.

Masih kata Yudi, "Jadi jelas hubungan bambu dengan PU tidak bisa dipisahkan. Bambu merupakan alat bantu dan inti dari sebuah alat pekerjaan umum. Saya juga berterima kasih kepada Pa Agus dan semuanya, yang sudah mengundang kami dikegiatan hari bambu nasional ini. Jelaslah banyak sekali manfaat dari bambu. Untuk itu, marilah kita sama-sama jaga kelestarian bambu ini,"pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun Awak Media untuk bulan Desember mendatang, direncanakan akan diadakannya kegiatan Jambore Bambu Sukabumi yang ke-2. (Feri)

Posting Komentar

0 Komentar