Breaking News

6/recent/ticker-posts

Polsek Kempo Dampingi Disnak Dompu Laksanakan Vaksinasi Hewan Ternak

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Indonesia saat ini merupakan momok yang menakutkan bagi pemilik peternakan khusus para tani ternak di Kabupaten Dompu. Dalam rangka upaya pengendalian dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Peternakan Dompu, didampingi personil Polsek Kempo, melakukan vaksinasi sekaligus pemberian vitamin pada hewan ternak terutama sapi di setiap desa se Kecamatan Kempo dan di wilayah pelepasan ternak Doro Ncanga, Minggu (30/10/2022) sekira pukul 09.00 Wita.

Kegiatan vaksinasi yang disaksikan langsung oleh Kadis Peternakan Dompu tersebut, berhasil memberikan suntikan vaksin jenis Oftomune pada 142 ekor ternak masing-masing di desa Kempo dan Desa Ta'a wilayah Kecamatan Kempo.

Ikut hadir juga pada saat pelaksanaan kegiatan, antara lain, Kadis Peternakan, Ir. Zainal Arifin, M.Si., Kapolsek Kempo IPTU Zuharis, kepala UPTD Peternakan Kecamatan Kempo Abdul Haris.

Selain itu, hadir pula Dokter Ahli UPTD Peternakan Kecamatan Kempo, DrH. Indra, Pegawai Dinas UPTD Peternakan Kecamatan Kempo yang sudah dibagi 1 (satu) Tim Vaksin untuk tiap Desa, serta Babinkamtibmas dan BABINSA masing- masing Desa.

Pelaksanaan vaksinasi PMK pada ternak hewan tersebut sesuai keterangan pers Kapolsek Kempo, Iptu Zuharis menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kekebalan terhadap ternak Sapi dari Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak Sapi di Kecamatan Kempo yang sampai saat ini sedang merebak di Indonesia.

"Adapun sasaran Vaksinasi yaitu Semua ternak warga yang ada disiapkan di Kandang masing-masing ataupun di Daerah Pelepasan ternak di Doro Ncanga Kecamatan Pekat" kata Zuharis.

Masih kata, Zuharis, Capaian Vaksinasi PMK untuk Dosis 1 dan Dosis 2 yaitu mencapai jumlah total 142 ekor/Dosis, dengan rincian Desa Kempo sebanyak 77 ekor dengan Dosis per ekor 1 Dosis, dan Desa Ta'a berjumlah 65 ekor dengan perlakuan dosis yang sama pula yakni per ekornya satu dosis. Jelasnya. 

Ia tambahkan, bahwa pelaksanaan Vaksinasi PMK rencananya akan terus berjalan sampai seluruh ternak sapi mendapatkan Obat Vaksin yang sudah disediakan pemerintah.

"Tim Vaksinasi PMK pada ternak Sapi di tiap Desa akan terus berjalan untuk mencari sasaran sampai semua ternak sapi mendapatkan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan bagi ternak sapi yang sudah dapat Vaksin 2 kali langsung dipasangkan Paku ERTAG," terang Kapolsek Kempo.

Pelaksanaan vaksinasi dalam rangka pengendalian PMK ini terpantau oleh awak media berjalan dengan aman dan lancar dan berakhir pukul 17. 30 Wita. Tandas Zauharis sapaan akrab Kapolsek Pekat.

Masih di tempat yang sama Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Dompu Ir. Zainal Arifin M.Si menjelaskan bahwa kegiatan vaksin PMK pada ternak ini merupakan program prioritas pemerintah pusat sampai ke ketingkat pemerintah terbawah yakni pemerintah Kecamatan Desa dan bersinergi dengan anggota Kepolisian dan TNI, sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini. Papar Arif sapaan akrab Kadis Peternakan Kabupaten Dompu.

Pelaksanaan vaksinasi PMK ini dimaksudkan dalam rangka menanggulangi atau melokalisir terjangkitnya virus PMK pada hewan ternak yang berada di wilayah Kabupaten Dompu khususnya di wilayah Kecamatan Kempo dan sekitarnya.

"Alhamdulillah kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik bagi para peternak di wilayah Kabupaten Dompu dan dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan, mudah-mudahan seluruh ternak hewan di Daerah ini terbebas dari penyakit yang mematikan ini," pungkasnya. (Rdw/Dodo)

Posting Komentar

0 Komentar