Breaking News

6/recent/ticker-posts

Menjelang HUT TNI AL Ke-77 Lantamal XIV Dukung Gerakan Penanaman Sorgum Dan Jagung Nasional

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Dalam rangka memperingati HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022, Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal XIV), bersinergi dengan komponen pemerintah daerah kabupaten Sorong bersama masyarakat menyelenggarakan program ketahanan pangan nasional yaitu Gerakan Penanaman Sorgum dan Jagung Nasional Tahun 2022 dengan tema “Melalui Penanaman Sorgum Nasional TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” bertempat di lahan pertanian SP.1 Kabupaten Sorong Papua Barat.

Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung melalui Video Conference terpusat di Kampung Neglasari Desa Mekarwangi Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor Jawa Barat yang dipimpin langsung Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (WAKASAL) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E,M.M serta dihadiri pejabat utama serta para tamu undangan lainnya dan diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL (9/8/2022).

Menurut Danlantamal XIV kepada awak media menjelaskan bahwa apa yang dimaksud dengan Sorgum,“Dimana Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang mirip dengan beras yang dapat digunakan menjadi pengganti gandum. Sorgum ini masa tanam sampai panen diperkirakan sekitar 100 hari.”

“Pelaksanaan kegiatan penanaman Sorgum ini dilakukan pada 77 titik di seluruh Indonesia dan dilakukan secara serentak Di wilayah Lantamal XIV Sorong, kegiatan penanaman Sorgum dilakukan di Sp 1 Kabupaten Sorong dan Area penanaman seluas 1 hektar atau 100 meter persegi,” ujar Danlantamal XIV.

Adapun Jenis bibit yang ditanam yaitu sorgum 5 Kg dan bibit jagung sebanyak 10 Kg.Diketahui dari tiap-tiap bibit tersebut untuk tunggu hasil panennya bervariasi antara 70 sampai dengan 100 hari.

Selanjutnya Danlantamal XIV Laksamana Pertama Imam Musani didampingi Perwira Staf saat mengikuti kegiatan penanaman mengatakan,bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peringati hari jadi TNI AL Ke-77 tanggal 10 September 2022 dan sesuai instruksi pimpinan TNI AL untuk memanfaatkan lahan kosong diwilayah kerjanya, agar bisa dimanfaatkan untuk menunjang program ketahanan pangan nasional dan mendapatkan rekor Muri,"ucapnya".

Penanaman bibit sorgum dan jagung tersebut merupakan pengembangan dari Lantamal XIV sehingga Hal ini bisa menjadikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat lainnya yang berprofesi sebagai petani supaya terpacu untuk memanfaatkan lahan guna meningkatkan ketahanan pangan serta menghidupkan perekonomian masyarakat.

Kedepan agar Lantamal XIV akan selalu siap membantu Pemerintah Daerah guna meningkatkan serta memberikan penguatan kedaulatan pangan melalui sektor pertanian,sehingga tercipta stabilitas ketahanan pangan yang cukup, baik ditingkat nasional maupun di daerah,"Harap Danlantamal XIV".

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar