Breaking News

6/recent/ticker-posts

DUGAAN KORUPSI DI DINAS PENDIDIKAN, PEMDA BATU BARA HADIAHI PATUNG JELANGKUNG KE PLT KADISDIK BATU BARA

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Batu Bara — Sekelompok massa aksi dari Perhimpunan Mahasiswa Dan Pemuda (PEMDA) Batubara lakukan demonstrasi dikantor dinas pendidikan kabupaten Batubara. Mereka menilai, adanya dugaan praktik perbuatan melawan hukum yang mengarah pada tindak pidana korupsi pada pelaksanaan anggaran tahun 2020 dan tahun anggaran 2021.

Dalam aksinya, organisasi Pemda menilai adanya dugaan mark up, pengurangan volume, dan SPJ yang tidak sesuai dengan apa yang direalisasikan di dalam pengerjaan 8 item proyek pengadaan barang dan jasa (PBJ) tahun 2020, dan 15 item kegiatan tahun 2021.

Dikatakan koordinator lapangan, bahwa pihaknya telah menyurati dan meminta dokumen PBJ TA 2020 kepada Plt Kadisdik Batu Bara.

"Namun sampai detik ini, Darwinson Tumanggor tidak memberikan dokumen yang kami minta,"ungkap Arwan Syahputra, koordinator lapangan, (27/09). Mereka juga mencurigai adanya perbuatan melawan hukum terhadap 15 item kegiatan tahun pelaksanaan anggaran 2021.

Dalam aksi itu juga diwarnai dengan pemberian hadiah patung jelangkung yang ditujukan pada Plt Kadisdik Batu Bara Darwinson Tumanggor. Patung jelangkung tersebut, buntut dari kekecewaan mereka karena menilai bungkamnya Plt Kadisdik Batubara dan disinyalir menutupi dokumen pelaksanaan PBJ yang dipertanyakan mereka.

"Ini lah bukti matinya informasi publik di OPD Dinas pendidikan kabupaten Batu Bara saat dipimpin oleh Darwinson Tumanggor,"kata Arwan Syahputra, selaku koordinator lapangan, Selasa (27/09/2022).

Mereka juga mendesak Bupati Batubara, Ir Zahir Map agar segera mengevaluasi plt Kadisdik Batubara, kemudian Pemda Batubara juga mengingatkan DPRD Batubara mengeluarkan rekomendasi agar Darwinson Tumanggor dicopot dari jabatannya.

Lebih lanjut, koordinator lapan juga mendorong aparat penegak hukum (APH) membuka kran pra penyeledikan terkait realisasi pengadaan barang dan jasa (PBJ) di OPD Disdik Batu Bara.

"Selain itu, kami juga meminta BPKP Sumut agar menggelar audit investigatif guna pemeriksaan dengan tujuan tertentu terhadap pelaksanaan PBJ tahun anggaran 2020 dan 2021.

Dalam aksi tersebut, Plt Kadisdik Batubara tidak dapat berhadir, karena berdasarkan informasi yang dihimpun beliau sedang berada diluar daerah. Aksi tersebut disambut oleh Kabid pembinaan SMP bernama Gunawan, dalam paparannya, Gunawan mengatakan akan menyampaikan tuntutannya kepada pimpinan.

Aksi Perhimpunan Mahasiswa Dan Pemuda Batubara itu berlangsung dengan aman, damai dan kondusif, bersama pengawalan personil Polres Batu Bara. (Her MIO)

Posting Komentar

0 Komentar