Breaking News

6/recent/ticker-posts

Hari Mangrove Sedunia TNI AL Wilayah Sorong Tanam 3.000 Bibit Mangrove


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Jajaran TNI AL yang terdiri dari jajaran Koarmada III, Lantamal XIV serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), masyarakat pesisir menggelar penanaman ribuan bibit pohon Mangrove di sepenjang pesisir pantai Tampa Garam, Distrik Maladumes Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (26/7/22).

Penanaman 3.000 bibit Mangrove putih jenis (Avicenia Marina) merupakan rangkapan penanaman ribuan bibit mangrove serentak di 77 lokasi yang berbeda mulai dari Timur Indonesia hingga ke Barat Indonesia oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI, serta Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan pejabat lainnya secara virtual.

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah didampingi Komandan Lantamal XIV, Laksamana Pertama TNI Imam Musani memimpin penanaman bibit pohon Mangrove di wilayah Sorong, diikuti tamu undangan dari Forkopimda dan prajurit TNI AL.

“Jajaran Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong didampingi seluruh Forkopimda dari kabupaten dan kota Sorong dari jajaran TNI AD, Polri, BMKG, Basarnas, Kepala Lingkungan hidup, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Distrik Maladumes, Kepala BKSDA, bersama-sama masyarakat melaksanakan penanaman mangrove sebanyak 3000 bibit mangrove putih di area seluas sekitar 10.000 meter persegi kemudian akan dilaksanakan secara bertahap, Penanaman bibit pohon mangrove dalam rangka hari mangrove internasional sekaligus juga memperingati menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 77, kemudian juga menyambut kegiatan G20" Tegas Pangkoarmada III.

“Mudah-mudahan bisa dapat bermanfaat guna mencegah abrasi di pantai,serta meningkatkan biota laut dan taraf ekonomi masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut bahwa Mangrove banyak sekali manfaatnya selain untuk lingkungan hidup juga bisa untuk bikin berbagai macam kerajinan dan kuliner.

Lanjutnya untuk itu pada kesempatan ini, saya juga mengajak seluruh masyarakat dan mari kita menanam mangrove untuk masa depan kita, karena Mangrove sangat banyak sekali manfaatnya sekaligus menciptakan udara yang lebih baik karena menyerap karbon 5 kali lipat dari hutan tropis.”Harap Pangkoarmada III.

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar