Breaking News

6/recent/ticker-posts

Guna Memutus PMK, Polres Batu Bara Bersama Unsur Forkopimda Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Hewan Ternak


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Batu Bara — Polres Batu Bara bersama Unsur Forkopimda Batu Bara melakukan langkah strategis penyemprotan disinfektan secara serentak di kandang sapi dan kambing milik peternak diseluruh wilayah Kabupaten Batu Bara, guna memutus mata rantai penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kegiatan tersebut ditandai dengan penyemprotan disinfektan oleh Forkopimda Batu Bara yang dilaksanakan secara virtual dari areal kandang ternak sapi milik Kades Gunung Rante kecamatan Talawi dilanjutkan Sosialisasi pengendalian dan penanganan penyakit kuku dan mulut (PMK) diikuti para peternak di kecamatan se-Kabupaten Batu Bara, Jum'at (08/07/2022).


Kapolres Batu Bara Akbp Jose DC Fernandes, SIK. diwakili Oleh Wakapolres Batu Bara Kompol Jono Sirait, SH.,MH menyampaikan bahwa upaya mitigasi dalam penanganan wabah (PMK) yang mewabah di Batu Bara sama dengan penanganan pandemi Covid-19 ya itu dengan cara pembatasan perpindahan hewan ternak yang ada di wilayah Kabupaten Batu Bara untuk mencegah penularan PMK.


Saat ini Pemerintah telah berusaha dalam penanganan (PMK) dengan cara Vaksinasi kepada hewan ternak yang masih sehat sedangkan apabila hewan yang sudah terjangkit (PMK) agar di rawat dan di isolasi dengan tujuan tidak menjalar pada hewan yang sehat, Katanya.


Kami berharap dalam penanganan (PMK) ini semua bersinergi terkait data hewan yang terjangkit yang ada di masing-masing wilayah dan instansi terkait harus mengetahui tentang data tersebut dan disetiap wilayah ada Koramil dan Polsek bisa dikoordinasikan dengan baik karena dalam waktu dekat akan di laksanakan Hari Raya Idul Adha yang tentunya akan banyak di laksanakan kurban, ucap Kompol Jono Sirait.


Terkait pelaksanaan Idul Adha yang akan banyak dilakukan kurban, Pemerintah melalui dinas terkait bersama TNI-Polri akan melakukan pemantauan agar hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat atau tidak tertular (PMK), ungkapnya.


Semua pihak Pemerintah, TNI-Polri dan Peternak bersinergi dalam upaya pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan juga melakukan pemantauan terhadap hewan kurban pada saat Hari raya Idul Adhan nanti, terang Wakapolres.


Dalam dialog virtual tersebut, para peternak menyampaikan usulan kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara dan instansi terkait agar didukung obat-obatan untuk hewan ternak sapi dan kambing serta penambahan tenaga medis Keswan di masing-masing wilayah.


Usai pemberian arahan kepada para peternak dilanjutkan penyemprotan disinfektan oleh Forkopimda Situbondo diikuti oleh para se-kabupaten Batu Bara.


Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Bupati Batu Bara dalam Hal ini diwakili Oleh Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara Antoni Ritonga., Kapolres Batu Bara Akbp Jose DC Fernandes, SIK diwakili Oleh Wakapolres Batu Bara Kompol Jono Sirait, SH.,MH Dandim 0208 Asahan diwakili Oleh Danramil Tanjung Tiram Kapten lnf Salam, Kabid Peternakan dan Perikanan Hewan drh. Emmi Ofini, Kabid Darurat Logistik BPBD Abdul Rasyid, Kabag Ops Polres Batu Bara Kompol lmam Alriyuddin, SH, Sekertaris Desa Gunung Rante Kecamatan Talawi, Para Mantri Hewan Kabupaten Batu Bara.

Posting Komentar

0 Komentar