Breaking News

6/recent/ticker-posts

Briefing Awal Latihan Penanggulangan Bencana Alam Dibuka Pangkoarmada III


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Sorong Papua Barat — Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, membuka Briefing Awal Latihan Penanggulangan Bencana TA. 2022 di Wilayah Koarmada IIII, bertempat di Gedung Serbaguna Mas Pardi Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong provinsi Papua Barat. Senin (04/07/22).

Dikatakan dalam sambutan Panglima Koarmada III selaku Direktur Latihan pada Latihan tersebut, bahwa Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya adalah membantu penanggulangan bencana alam baik pada tahap tanggap darurat, rehabilitas dan rekonstruksi.

Lebih lanjut dikatakan Pangkoarmada III, Terkait dengan Geografis Wilayah Kerja Koarmada III, tidak menutup kemungkinan segala sesuatu akan bisa dihadapi, salah satunya adalah ancaman bencana alam. Untuk itu, diharapkan seluruh Prajurit Koarmada III, senantiasa memiliki profesionalitas prajurit yang sigap dan handal dalam menghadapi situasi dan kondisi tersebut.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Prajurit Koarmada III dalam memahami kontijensi, rencana tanggap darurat dan standar operasional prosedur yang mengatur tentang tata cara, tugas, wewenang dan tanggung jawab setiap unsur yang terlibat, ujar Pangkoarmada III.

Termasuk rencana koordinasi dan kerjasama dalam penanggulangan bencana yang terjadi. serta terujinya doktrin, prosedur dan mekanisme penanggulangan bencana yang telah disinergikan dengan Aturan Protap milik Satuan/Instansi/Lembaga terkait lainnya.

Adapun pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana TA. 2022 di Wilayah Koarmada III dilaksanakan secara besar-besaran dan puncaknya akan dilaksanakan di Perairan Sorong Papua Barat, dimana latihan tersebut bersinergi dengan Pemerintah Kota/ Kabupaten Sorong, TNI dan Polri, BPBD, RSUD Sorong, SAR Sorong, KPLP, BMKG serta masyarakat Katapop Pantai Kabupaten Sorong dan Pulau Doom Kota Sorong.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, yaitu Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Atmudji, S.E., M.M., CFrA., CRMP, Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yohanis Yulius Tamoni dan Pejabat Utama Koarmada III serta Pejabat Utama Lantamal XIV Sorong serta Pejabat Instansi terkait.

(Tim/Red/Dispen Koarmada III)

Posting Komentar

0 Komentar