Breaking News

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ITB-AD Hiasi Bundaran HI dengan Karya Seni Rupa


TARUNAGLOBALNES.COM |Jakarta- Program study Desain komunikasi visual ITB Ahmad Dahlan bersama Center of Human and Economic Development Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta menggelarkan pameran karya seni rupa dan live mural di bundaran HI, dengan tema Peringatan hari lingkungan hidup dunia yang jatuh berdekatan dengan hari tanpa tembakau sedunia perlu mendapat perhatian serius dari masyarakat dan juga pemerintah Indonesia, Untuk Kegiatan di Bundaran HI ini terbuka secara Umum dan berlangsung hingga Minggu,(5/6/2022).

Lyscha Novitasari, S.Sn . M.Ds Selaku Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual ITB Ahmad Dahlan, menjelaskan bahwa ada banyak karya yang di pamerkan oleh para seniman dari kalangan mahasiswa. Selain itu pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang efek bahayanya dari konsumsi rokok dan pentingnya menjaga alam serta penghijuan di bumi.

“ada banyak pameran karya seniman dari kalangan mahasiswa yang dipajang disepanjang jalan terotoar bundaran Hotel Indonesia yang bertemakan bahaya mengkonsumsi rokok dan menjaga alam tetap hijau” jelasnya. 

Rosita Meilani Dewi selaku Ketua Center of Human and Economic Development Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta (CHED-ITBAD) mengungkapkan bahwa ada sebuah ancaman serius tentang tembakau ini terhadap lingkungan dan kesehatan yang sangat jelas terbukti dengan dampak tembakau sejak dari hulu hingga hilir. ungkapnya.

Beliau juga menambahkan Pemerintah perlu meratifikasi Konvensi Kerangka Kerja untuk Pengendalian Tembakau di Indonesia (Framework Convention on Tobacco Control/FCTC). Kami sangat menyayangkan sekali Indonesia merupakan negara yang belum meratifikasi Framework Convention on Tobacco Control, pasalnya Puntung Rokok merupakan bentuk sampah yang paling mudah ditemui di sekitar kita, beliau juga menuturkan sebuah temuan menurut komunitas penyelam Divers Clean Action (DCA) sampah puntung rokok diketahui mendominasi sampah di kawasan pantai khususnya di kawasan daerah wisata, Tambahnya.

"Secara global, lebih dari enam triliun batang rokok diproduksi setiap tahun. Mayoritas rata-rata hampir 6 triliun batang rokok yang dihisap setiap tahun dibuang sembarangan. Filter pada rokok terdiri dari bahan plastik yang sangat berbahaya bagi pantai sehingga dapat diperkirakan 4,5 triliun puntung rokok dibuang setiap tahun di seluruh dunia, puntung rokok menyumbang lebih dari 766 juta kilogram sampah beracun setiap tahun. Mereka juga merupakan salah satu sampah plastik yang paling sering dijumpai di pantai, membuat ekosistem laut lebih rentan terhadap kebocoran mikroplastik," tutupnya. 

Oleh karena itu, CHED ITB-AD sebagai pusat studi yang Konsenya terhadap pengendalian tembakau, menggelar Pekan Kreatif Ahmad Dahlan dengan rangkaian kegiatan yaitu Ahmad Dahlan Pameran Karya Seni Rupa, Mural Day, dan Lomba Video Kreatif, bersama program study Desain Komunikasi Visual. Rangkaian kegiatan ini juga didukung oleh Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah, organisasi pencinta alam dan Organisai Pengendalian Tembakau. 

(Red./SAPARI, SE. M.Si)

Posting Komentar

0 Komentar