Breaking News

6/recent/ticker-posts

Komandan Pasmar 3 Ikuti Pasific Amphibious Leaders Symposium Tahun 2022 di Tokyo


TARUNAGLOBALNEWS.COM

KOMANDAN Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., didampingi oleh Kolonel Marinir Didiet Hendra (Staf Ahli E Kermamil Kormar), Kolonel (P) Robert Marpaung (Paban V/Straops dan Diplomasi), dan Mayor Marinir Daniel (Pabandya Kermamil Sops Kormar) menghadiri kegiatan Pasific Amphibious Leaders Symposium (PALS) Tahun 2022 di Kota Tokyo, Jepang. Selasa (14/06/2022). 

Dalam kegiatan symposium ini hadir sebanyak kurang lebih 70 peserta dan merupakan delegasi dari 22 negara, yang berkomitmen untuk kepentingan Indo-Pasifik dalam diskusi yang bersifat bebas dan terbuka. Pertemuan yang berlangsung mulai tanggal 13 sampai 16 Juni 2022 ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat serta meningkatkan hubungan regional antara negara-negara di wilayah Indo-Pasifik. Selain itu kegiatan ini juga sebagai forum diskusi dan mempresentasikan kekuatan yang dimiliki oleh setiap negara Indo-Pasifik dengan melaksanakan dialog untuk berbagai manfaat, diantaranya faktor penentu dari operasi amfibi, pengembangan pengetahuan, tanggap darurat terhadap krisis dan interoperabilitas. 

Kegiatan PALS ini juga membahas tentang kekuatan USMC pada tahun 2030 yang dijabaran dengan sebuah konsep Operasi Pangkalan Lanjutan (Expeditionary Advanced Base Operations) dan didukung kemampuan kekuatan menengah (Intermediate Force Capability) guna menangkal ancaman dan gangguan non konvensional di wilayah Indo-Pasifik khususnya dalam pelaksanaan operasi di wilayah abu-abu (Grey Zone Operation). 

Selain berpartisipasi dalam kegiatan diskusi Panel, Danpasmar 3 sebagai ketua delegasi Indonesia juga melaksanakan Trilateral meeting dengan Amerika dan Australia yang dihadiri oleh Komandan U.S Marine Force Pasific (Marforpac) Letjen Steven R. Rudder dan Komandan Divisi 1 Australia Defense Force (ADF) Mayjen Winter Australia, untuk membahas tentang konsep Latihan Bersama (Latma) Indo Pacific Endeavour (IPE) dan Super Garuda Shield. 

Dalam kegiatan tersebut, Danpasmar 3 juga melaksanakan Bilateral meeting dengan Direktur Perencanaan Republik Of Korea Marines Corps yang diwakili oleh Brigjen Joo Il Sook (), dengan Commandant Royal Thai Marine Corps, Vice Admiral Rannorang Sittinan, dengan Kepala Staf Gabungan Japan Ground Self Defense Force (JGSDF), Jenderal Yoshida Yoshihide, dengan Komandan MEF 1 USMC Mayjen George Smith, serta dengan Komandan U.S Marine Force Pasific (Marforpac) Letjen Steven R. Rudder. 

Di akhir kegiatan symposium, dilaksanakan upacara penutupan di Camp Kisarazu, dan dalam kesempatan itu juga, Komandan U.S Marine Force Pasific (Marforpac) Letjen Steven R. Rudder, menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pada pelaksaan PALS berikutnya di tahun 2023. (Tim-Red)

Posting Komentar

0 Komentar