Breaking News

6/recent/ticker-posts

Antisipasi Malaria dan DBD Satgas Satuan Organik Yonif Raider Khusus 136/TS Melaksanakan Kegiatan Pengasapan di Distrik Aifat Maybrat


TARUNAGLOBALNEWS.COM

Maybrat Papua Barat — Kegiatan tersebut yakni fogging atau pengasapan di Kampung Kumurkek, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Jumat (6/5/2022).

Hal itu sebagai salah satu bentuk pelayanan kesehatan dalam membantu masyarakat sekitar agar khususnya warga Distrik Aifat terhindar dari wabah penyakit seperti malaria dan demam berdarah.

Dokter Satgas Satuan Organik Yonif Raider Khusus 136/TS, Letda Ckm dr. Chendy Endriansa, mengatakan, fogging ini dilakukan sebagai upaya mencegah dini berkembangnya penyebaran nyamuk aedes aegypti dan anopheles yang dapat menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah.

Letda Ckm dr. Chendy menjelaskan bahwa, Papua merupakan daerah yang dikenal dengan endemik penyakit malaria. Bahkan, kata dia, sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk anopheles tersebut.

“Pos Kumurkek Satgas Satuan Organik Yonif Raider Khusus 136/TS berupaya membantu masyarakat setempat dalam mencegah dan menekan angka penyebaran penyakit malaria dan demam berdarah, terlebih pada musim penghujan saat ini,” ungkap dr. Chendy dalam keterangan tertulisnya.

Sementara, ditambahkan Dansatgas Yonif Raider Khusus 136/TS, Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P bahwa selain upaya pencegahan terhadap penyakit Malaria dan DBD, fogging yang dilakukan di rumah-rumah warga ini bertujuan untuk membantu kesulitan masyarakat Distrik Aifat di bidang kesehatan.

“Dengan adanya kegiatan fogging ini, maka masyarakat, Koramil serta Polsek di Distrik Aifat dapat terhindar dari wabah penyakit malaria dan DBD. Dan ini juga sekaligus membantu kesulitan masyarakat di bidang kesehatan dan kesinergitasan di wilayah Distrik Aifat khususnya Pos Satgas, Koramil, Polsek dan masyarakat di Aifat,” ujar Letkol Inf Andi.

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Kapolres Maybrat, AKBP Gleen Rooi Molle. Dia mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan anggota Pos Satgas Satuan Yonif Raider Khusus 136/TS.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya berharap kegiatan itu sebagai langkah awal kerja sama dalam membantu pembangunan dan keamanan Distrik Aifat di Kampung Kumurkek.

“Semoga dari pelaksanaan Fogging ini bisa membangun erat kesinergitasan antara TNI-Polri ke depannya,” sebutnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Kepala Kampung Kumurkek Barat, Karel Saa, secara terpisah.

Dia sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh anggota Pos Satgas Satuan Organik Yonif Raider Khusus 136 di Kumurkek.

“Saya berterimakasih atas kepedulian dari Bapak-bapak Satgas Satuan Yonif Raider Khusus 136/TS yang telah melakukan fogging di kampung kami. Semoga apa yang telah dilakukan ini menjadi berkah untuk kita semua,” ujarnya. 

(Sumber Penyonif RK 136/TS)

Posting Komentar

0 Komentar