Breaking News

6/recent/ticker-posts

DI HARLA KE 207, KABUPATEN DOMPU MAKIN MANTAP MENUJU MASHUR

TARUNAGLOBALNEWS.COM

NTB Dompu — Upacara Peringatan Hari Jadi Dompu yang ke 207 bertepatan dengan Bulan Suci Ramdhan 1443 berlangsung meriah dan hikmad, karena semua peserta upacara menggunakan pakaian adat Dompu yang perempuan pakian Rimpu Tembe sedangkan yang laki laki dengan Nggondo Tembe Nggoli. Senin ( 11/04/22 ). Kegiatan tersebut di mulai sekitar Pukul 08.00 Wita sampai dengan pukul 11.00 Wita, berlangsung di lapangan beringin Pemda Dompu. Di mana hari jadi Kabupaten Dompu tahun ini merupakan momentum kebangkitan Pemerintah AKJ- Syah menuju masyarakat Dompu yang Mashur. 

Sebagai inspektur Upacara Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani, yang di Dihadiri oleh Gubernur NTB atau Pejabat yang mewakili, Wakil Bupati Dompu Syahrul Parsan ST.MT, Pimpinan dan Anggota DPRD Dompu, Bupati/ Walikota se Propinsi NTB, Kapolres Dompu AKBP. Iwan Hidayat SIK, Dandim 1614 Dompu, Kejari Dompu Abeto SH MH, Pengadilan Negeri Dompu, Sekda Kabupaten Dompu Gatot Gunawan Putra Perantau SKM, Pimpinan Parpol se Kabupaten Dompu, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan Se Kabupaten Dompu, Ketua KPUD, Bawaslu Kabupaten Dompu, Camat, Lurah dan Kepala Desa SE Kabupaten Dompu, serta Toma, Toga, Toda, Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Dompu, Ketua Bhayangkari Kabupaten Dompu, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, pimpinan LSM, Organisasi Profesi se Kabupaten Dompu, maupun Insan Pers baik cetak maupun elektronik se Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu Kader Jaelani yang akrab di sapa AKJ dalam sambutan singkat menyampaikan, dalam perjalanan panjang sejarah Kabupaten Dompu, banyak hal yang telah dan akan di lakukan bersama khususnya dalam membangun percepatan pembangunan kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi NGGAHI RAWI PAHU melalui program unggulan Daerah yang di kenal JARAPASAKA" yakni Jagung, Porang, Padi, sapi dan Ikan.

Lanjut AKJ pragram ini merupakan momentum kebangkitan menuju Kabupaten Dompu yang MASHUR" ( Mandiri, sejahtera, unggul dan Relegius ) di saat sekarang dan masa akan datang". Jelasnya dengan optimis.

Kemudian Ucap AKJ, Alhamdulillah, walau pandemi Covid19 yang mewabah sejak tahun 2020. Dalam angka statistik tercatat pertumbuhan ekonomi di kabupaten Dompu khususnya mengalami peningkatan yang signifikan pada level 4,89 porsen atau naik 1,68 porsen dari 3,21 porsen di tahun sebelumnya.

"Kabupaten Dompu boleh di bilang tidak terpengaruh dengan dampak Covid19 yang mewabah saat ini, apabila di bandingkan dengan daerah daerah lain di Indonesia", jelas AKJ.

Sedangkan dari sisi pelayan dasar masyarakat baik, jalan, jembatan, bendungan,dan jaringan irigasi terus mengalami peningkatan, begitu juga penanganan kawasan pemukiman kumuh, penyediaan jaringan air bersih pedesaan dan peningkatan akses sanitasi total berbasis masyarakat semakin baik serta penanganan bencana alam yang responsif.

"Saya menyadari bahwa khusus air bersih selama ini belum di tangani secara maksimal, karena di hadapkan berbagai masalah tetapi semua itu secara bertahap akan di selesaikan dengan baik sebagaimana yang di harapkan oleh masyarakat.dan penanganan air bersih ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah Daerah Kabupaten Dompu saat ini dan akan datang. Janji AKJ.

Sedangkan yang berkaitan lingkungan hidup, kami berkomitmen untuk mengembalikan fungsi hutan dan kondisi gunung yang sudah gundul dari kerusakan, akan di lakukan melalui program Dompu Berjasa dengan ruang terbuka hijau di bendungan tanju Kecamatan Manggelewa dan Dam Mila Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Terkait penanganan Covid19 pemerintah Daerah bersinergi dengan Forkopimda dan stakeholder lainya terus bekerja di lapangan sesuai arahan Presiden Republik Indonesia dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan, pola hidup yang bersih dan sehat, menyediakan tempat isolasi mandiri terpusat serta menggenjot percepatan vaksinasi dosis pertama sampai booster. Tandas Abi jion sapaan akrab Bupati Dompu.

Lebih jauh AKJ mengungkapkan, di usia Daerah Kabupaten Dompu yang ke 207 ini bertepatan dengan bulan suci ramadhan kita mampu merayakannya dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang kita raih, tetapi tidak sedikit pula masih ada hal hal yang membutuhkan perhatian dan kerja keras kita bersama guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik, harmonis dengan semangat NGGAHI RAWI PAHU".ungkapnya.

Di akhir sambutan Bupati Dompu menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya kepada pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi NTB atas kerja sama, bantuan selama ini dan tak lupa juga saya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan DPRD dan anggota, TNI, Polri maupun anggota FORKOPIMDA Kabupaten Dompu atas kontribusi dan kerja sama yang baik selama ini, semoga dapat terjaga dengan baik guna membangun daerah Kabupaten Dompu ke depan akan lebih meningkat lagi. Imbuh AKJ.

Usai memimpin upacara Bupati Dompu A Kader Jaelani dan di temani Forkopimda meloncingkan kegiatan Festival Tambora tahun 2022, Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integrita Menuju WBK dan WBBM, dan pemberian piagam penghargaan kepada Aparatur sipil Negara di lingkungan Pemda Dompu yang berkinerja baik serta di lanjutkan jiarah ke makam Raja Dompu Sultan Sirazuddin di komplek pemakaman mesjid raya Kabupaten Dompu Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu.

Rangkaian acara tersebut mulai dari awal sampai akhir berjalan dengan Aman dan hikmad. Pungkasnya. (Rdw/Dodo)

Posting Komentar

0 Komentar