Breaking News

6/recent/ticker-posts

BEM PTM Zona III Apresiasi Langkah Humanis Kapolri Dalam Mengawal Aksi Demonstrasi

TARUNAGLOBALNEWS.COM

Presedium Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (BEM PTM) Zona III DKI, Jawa Barat, dan Banten Faisal Abdul Rachman mengapresiasi langkah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yang menemui masa aksi BEM SI dan aliansi lainnya yang terlibat dalam masa aksi di depan gedung DPR RI pada Senin (11/04/2022).

Faisal menyebutkan bahwa “Langkah Kapolri ini menunjukan bahwa adanya jiwa humanis dari sisi aparat Kepolisian yang mana selalu bertugas dan mengawal dalam menjaga keamanan dan ketentraman negara termasuk dalam pengamanan masa aksi untuk menyampaikan aspirasinya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentu ini membuktikan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sedang menunjukan jiwa humanisnya sebagai Kapolri dan patut dicontoh oleh anggotanya supaya tidak adanya kejadian represipitas anggota Kepolisian kepada masa aksi, begitupun sebaliknya”. Ujar Faisal kepada wartawan di Jakarta saat di wawancarai, Senin 11/02/2022.

Selain itu, dia juga mengatakan dan menegaskan bahwa seharusnya seluruh anak buah Jenderal Listyo seharusya bisa untuk meniru Jenderal bintang 4 tersebut dalam melayani serta mengayomi masyarakat khususnya masa aksi pada aktivitas demonstrasi masa dari berbagai aliansi di depan gedung DPR RI pada Senin, 11 April 2022. 

 “Anggota Kepolisian sangat berperan aktif dalam menyerap aspirasi langsung serta menjadi elemen pengayom bagi seluruh masyarakat Indonesia,” Lanjut Faisal.

 Sebelumnya,Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terlihat menemani para Wakil Ketua DPR RI untuk menemui masa aksi 11 April. Rombongan Wakil Ketua DPR RI dan Jenderal Listyo Sigit sempat berbincang di Pos Obyek Vital DPR RI. Rombongan kemudian berjalan kaki menemui mahasiswa yang berada di depan gerbang utama gedung DPR RI, Jl. Gatot Subroto, Jakarta.

Berdiri diatas mobil komando, Kapolri Sigit menyanggupi permintaan masa agar petugas tidak melakukan tindakan represip dalam mengawal aksi yang sedang berlangsung. Bahkan, dirinya sempat menyampaikan bahwa kapolri mendukung penuh kebebasan dalam demokrasi di negara demokrasi. Jenderal Listyo Sigit meminta agar anggotanya bersifat humanis dan bersikap dengan baik dengan masa untuk menjaga elektabilitas kepolisian dalam menghawal masa aksi.

 “Dalam hal ini perlu ditegaskan bahwa BEM PTM Zona III DKI, Jawa Barat, dan Banten mengapresiasi terhadap langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam hal memberikan pengawalan dan pengarahan secara langsung kepada seluruh anggota kepolisian dan masa aksi pada senin,11/04/2022. Tentunya ini bukan suatu statement bahwa BEM PTM Zona III tidak sepakat dengan tuntutan yang ada, melainkan ini merupakan bentuk apresiasi besar terhadap Kapolri dalam menunjukan jiwa humanisnya”. Lanjut Faisal dalam wawancaranya.

Penegasan Presedium Nasional BEM PTM Zona III tersebut sudah jelas mewakilkan bahwa aliansi BEM PTM atau Mahasiswa Muhammadiyah dalam hal ini BEM PTM Zona III sangat mengapresiasi terhadap langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada aksinya untuk menunjukan jiwa humanisnya di hadapan seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu BEM PTM Zona III juga menegaskan bahwa sampai hari ini masih konsisten terhadap tuntutan yang sudah dikajinya diantaranya :

1. Menolak penundaan pemilu dianggap mencederai konstitusi

2. Menolak kenaikan BBM dan bahan pokok

3. Mendesak DPR tetap fokus mengawal pemerintah dalam menstabilkan ekonomi di massa pandemi saat ini.

Inilah beberapa tuntutan yang telah dikaji untuk di diengarkan oleh pemerintah dan DPR maupun MPR. (Sapari, SE. M.Si)

Posting Komentar

0 Komentar